SIL@T
Sistem Informasi Layanan Terpadu bagi seluruh pemangku kepentingan
Dashboard
Data dan informasi perguruan tinggi di LLDikti Wilayah III
Zona integritas
Zona integritas mewujudkan pelayanan optimal, integritas, amanah, dan memberi solusi
Kabar LLDikti Wilayah III
Perpanjangan Jadwal Penerimaan Proposal Dana Padanan (Matching Fund) PTV 2024
Sehubungan dengan akan berakhirnya masa penerimaan proposal Program Dana Padanan PTV Periode ke-3 Tahun 2024 pada tanggal 18 Maret 2024
Undangan Sosialisasi Indonesian Global Internship Program (IGIP)
Menindaklanjuti surat Direktur Belmawa Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek nomor 1933/E2/KL.01.00/2024 tanggal 16 Maret 2024 tentang Undangan Sosialisasi Indonesian Global Internship Program
Pemberitahuan Klinik Fasilitatif MBKM Periode Triwulan I Tahun 2024
Dalam rangka membantu Perguruan Tinggi dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sekaligus sebagai upaya
Undangan Klinik SPMI Batch 2
Menindaklanjuti Surat Kepala LLDikti Wilayah III No. 3876/LL3/KL.02.00/2024 Tanggal 06 Maret 2024 Hal Klinik SPMI, dengan ini kami mengundang dua
Undangan Klinik SPMI Batch 1
Menindaklanjuti Surat Kepala LLDikti Wilayah III No. 3876/LL3/KL.02.00/2024 Tanggal 06 Maret 2024 Hal Klinik SPMI, dengan ini kami mengundang dua
Arahan Terkait Percepatan Pembentukan Satgas PPKS PTSdi Lingkungan LLDikti Wilayah III
Sesuai dengan Surat Edaran Kepala LLDikti Wilayah III Nomor 2622/LL3/DT.01.02/2024 tentang Linimasa Pembentukan Satgas PPKS di PTS LLDikti Wilayah III,
Kabar Perguruan Tinggi
Mimpi, Ambisi, dan Dedikasi: Rumus Prestasi Dua Guru Besar Prasmul
Prof. Lukas Setia Atmaja dan Prof. Ir. Eliot Simangunsong resmi diangkat sebagai Guru Besar Sekolah Bisnis dan Ekonomi Prasmul. Dalam pidato pengukuhan, mereka berbagi visi tentang masa depan pasar modal dan rantai pasok, sementara keluarga mereka menjadi pilar dukungan yang tak ternilai.
Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Jadi Juara di Ajang Nasional APIK PTMA
Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ meraih prestasi gemilang di ajang nasional SILAT APIK-PTMA di UMS. Mereka memenangkan tiga penghargaan di berbagai kategori, menunjukkan kompetensi dan kerja keras mereka dalam menghadapi tantangan komunikasi di era digital.
Mahasiswa Ukrida Raih 4 Medali Emas dalam Kejuaraan Taekwondo Piala Kemenpora RI
Mahasiswa Ukrida meraih 4 medali emas di Mok’s Taekwondo Championship 5, Palembang. Latihan tekun di bawah bimbingan pelatih membawa hasil gemilang. Prestasi ini menunjukkan komitmen Ukrida dalam mengembangkan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswanya.
STARKI Menuju Kepemimpinan yang Baru
Dr. Yakin Bakhtiar Siregar, M.M. resmi dilantik sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita (STARKI) periode 2024-2028 pada 6 Maret 2024. Acara pelantikan, yang disertai dengan pelantikan pejabat struktural, dihadiri oleh berbagai pihak termasuk perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III. Dalam sambutannya, Bp. Yakin menekankan pada peningkatan manajemen, tata kelola, dan kerja sama dalam rangka mencapai visi dan misi yayasan. Selamat kepada kepemimpinan yang baru, diharapkan STARKI semakin unggul dan berkembang.
Festival Budaya Nusantara dan Pelepasan Mahasiswa Peserta PMM3 Inbound UAI
Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) merayakan pelepasan 73 mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023 (PMM3) dari 33 universitas luar Jawa. Acara dihadiri oleh Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., dan Wakil Walikota Jakarta Selatan, Edi Sumantri. Festival Budaya Nusantara menampilkan pertunjukan dari mahasiswa PMM3, yang menyatukan budaya Indonesia. Testimoni dan penyerahan sertifikat juga menjadi bagian penting dari perayaan ini, meninggalkan kesan mendalam bagi mahasiswa dan UAI.
Abdimas Fakultas Farmasi UTA’45 Jakarta, Tingkatkan Pengetahuan Kesehatan Siswa dan Guru
Fakultas Farmasi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan penyuluhan kesehatan. Dosen dan mahasiswa memberikan materi tentang etika batuk, Diabetes Militus, Hipertensi, Kolesterol, Infeksi, serta pencegahan dan penatalaksanaan secara non farmakologis. Kegiatan ini melibatkan siswa dan guru dari sekolah-sekolah SMA, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan memperkenalkan Apotik Pendidikan Fakultas Farmasi.
Cek keabsahan Surat Kementerian
Layanan untuk mengecek keabsahan surat yang dikeluarkan oleh Direktorat dan Satuan Kerja di Lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Data Statistik Perguruan Tinggi
di Lingkungan LLDikti Wilayah III
Sumber data PDDikti 26 Januari 2024
Klinik Kampus Merdeka
Fasilitasi LLDikti Wilayah III dalam rangka akselerasi peningkatan mutu perguruan tinggi
Klinik Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Fasilitasi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada perguruan tinggi
Klinik Jurnal Perguruan Tinggi
Fasilitasi dalam peningkatan mutu jurnal perguruan tinggi
Klinik Mutu Perguruan Tinggi
Fasilitasi dalam pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME)/Akreditasi pada perguruan tinggi
Klinik Mahasiswa
Fasilitasi dalam pengelolaan organisasi kemahasiswaan dan pembinaan mahasiswa pada perguruan tinggi
Klinik Jabatan Akademik & Sister
Fasilitasi peningkatan jabatan fungsional tenaga pendidik dan pelaporan data tenaga pendidik pada sistem informasi sumberdaya terintegrasi
Survey Kepuasan Masyarakat
Tahun 2023 : 89,55
*) jumlah responden 246
Indeks Persepsi Anti Korupsi
Tahun 2022 : 84.43
*) jumlah responden 465
Yuk ikut berpartisipasi dalam peningkatan layanan pada LLDikti Wilayah III melalui survei kepuasan masyarakat
Mengenal LLDikti Wilayah III
Frequently Asked Questions
Pertanyaan yang sering ditanyakan
Lembaga layanan dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang memiliki tugas melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di Provinsi DKI Jakarta.
- Pembuatan Potongan Pajak
- Pembuatan Rincian Gaji/Penyampaian Rekapitulasi Daftar Kehadiran Dosen PNS DPK
- Pembuatan SKPP (Pegawai Pensiun, Pindah, Dan Meninggal)
- Pembuatan Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran Sertifikasi Dosen
- Penerimaan baru beasiswa dan/atau bantuan biaya pendidikan mahasiswa
- Penggantian penerima beasiswa dan/atau bantuan biaya pendidikan mahasiswa
- Pelaporan penerima lanjutan/ongoing beasiswa dan/atau bantuan biaya pendidikan mahasiswa
- Pengembalian dana beasiswa dan/atau bantuan biaya pendidikan mahasiswa
- Pembatalan/penghentian penerima beasiswa dan/atau bantuan biaya pendidikan mahasiswa
- Pemberian Rekomendasi Wisuda
- Penyaluran Dana Hibah Program Kemahasiswaan
- Perjanjian Kinerja Hibah Program Kemahasiswaan
- Pelaporan Dana Hibah Program Kemahasiswaan
- Layanan Pengesahan Dokumen Akademik
- Layanan Surat Keterangan Status Akademik
- Fasiliitasi Rekognisi Pembelajaran Lampau
- Fasilitasi Penelusuran Lulusan Perguruan Tinggi
- Fasilitasi Pembinaan Prestasi dan Talenta Mahasiswa
- Fasilitasi Evaluasi Kurikulum dan Penguatan Pembelajaran
- Permohonan Fasilitasi Pelaporan Hasil Evaluasi Kelembagaan Perguruan Tinggi Swasta
- Permohonan Fasilitasi Peningkatan Mutu dan Penguatan Tata Kelola PTS
- Permohonan Fasilitasi Perencanaan Penyelenggaraan Perguruan Tinggi atau Program Studi
- Permohonan Rekomendasi Alih Kelola Perguruan Tinggi Swasta
- Permohonan Rekomendasi Pembukaan Program Studi PJJ
- Permohonan Rekomendasi Pembukaan Program Studi Tatap Muka
- Permohonan Rekomendasi Pembukaan PSDKU
- Permohonan Rekomendasi Penambahan Nama atau Nomenklatur Program Studi
- Permohonan Rekomendasi Pendirian Perguruan Tinggi Swasta
- Permohonan Rekomendasi Penggabungan Perguruan Tinggi Swasta
- Permohonan Rekomendasi Penutupan Perguruan Tinggi Swasta
- Permohonan Rekomendasi Penutupan Program Studi
- Permohonan Rekomendasi Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta
- Permohonan Rekomendasi Perluasan Kampus
- Permohonan Rekomendasi Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi Swasta
- Permohonan Rekomendasi Perubahan Nama Badan Penyelenggara
- Permohonan Rekomendasi Perubahan Nama Perguruan Tinggi Swasta
- Permohonan Rekomendasi Perubahan Nama Program Studi
- Permohonan Rekomendasi Pindah Lokasi atau Binaan Perguruan Tinggi Swasta
- Pemetaan Mutu Perguruan Tinggi
- Permohonan Legalisir Dokumen Legalitas Perguruan Tinggi dan Program Studi
- Permohonan Fasilitasi dan Rekomendasi Usulan Kerja Sama Dalam Negeri
- Aduan/Laporan Dugaan Konflik/Sengketa Perguruan Tinggi
- Permohonan Fasilitasi dan Rekomendasi Usulan Kerja Sama Luar Negeri
- Permohonan/Reset Akun (Aplikasi Izin Kerma, Laporan Kerma, SIAGA, SILEMKERMA)
- Pelaporan Indikator Kinerja Perguruan Tinggi
- Rekomendasi Akreditasi Bagi PT atau Prodi TMSP
- Permohonan Fasilitasi Klinik Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA)
- Permohonan Fasilitasi Penjaminan Mutu (Eksternal dan Internal)
- Fasilitasi Dan Rekomendasi Usulan Kerjasama Luar Negeri Perguruan Tinggi
- Fasilitasi Penyelenggaraan Kerjasama Perguruan Tinggi Dengan Perguruan Tinggi Lain, Industri, Dan Instansi Lain
- Migrasi Data PDDikti
- Pembukaan Akses Sinkronisasi / Permohonan Akun /Reset Akun (PDDIKTI dan SILAT)
- Penomoran Ijazah Nasional (PIN)
- Perubahan Data Mahasiswa (PDM) pada PDDikti
- Validasi Pengajuan Perbaikan Pelaporan PDDikti
- Verifikasi Dokumen Akademik Untuk Mahasiswa Dilaporkan Di Luar Periode Pelaporan
- Rekomendasi pembentukan Tim CSIRT Perguruan Tinggi
- Penyampaian Data Wisudawan
- Laporan Dugaan Anti Dosa Pendidikan pada PT
- Implementasi Kebijakan Antiintoleransi, antikekerasan seksual, antiperundungan, antinarkoba, dan antikorupsi
- Implementasi inovasi perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan
- Laporan Dugaan Integritas Akademik pada PT
- Pengaduan (Laman Lapor)
- Permintaan Data Dan Informasi
- Publikasi Informasi (Website, Media Sosial, Dan Siaran Pers)
- Penawaran Barang dan Jasa
- Permohonan Rapat/Audiensi
- Pengusulan Proposal Hibah Penelitian
- Rekomendasi pembebasan bea masuk pajak barang kebutuhan penelitian dan pembelajaran
- Pengembalian Dana Hibah Program Penelitian
- Penyaluran Dana Hibah Program Penelitian
- Perjanjian Kinerja Hibah Program Penelitian
- Pelayanan Aplikasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (BIMA/SINTA/ dsb)
- Ajuan Alih Jabatan / Tugas Aparatur Sipil Negara Non Dosen Menjadi Aparatur Sipil Negara Dosen
- Ajuan Tugas Belajar Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Ajuan Tugas Belajar Dosen Tetap Yayasan
- Ajuan Kenaikan Pangkat/Golongan Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Mutasi Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Ajuan Pemberian Perpanjangan Waktu Beasiswa
- Ajuan Pemberian Rekomendasi Beasiswa Dosen
- Ajuan Legalisir Dokumen Kepegawaian
- Penyampaian Sasaran Kinerja Pegawai (Penilaian Prestasi Kerja) Dosen PNS Ditugaskan di PTS
- Validasi Usulan Riwayat Pendidikan pada SISTER
- Validasi Usulan Alih Status/ Pindah Homebase Internal dan Eksternal/ Perubahan Data Dosen (Data Pokok dan Riwayat Pendidikan) pada PDDikti
- Validasi Usulan Tenaga Kependidikan
- Penyampaian Presensi Kehadiran Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Ajuan Cuti Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Ajuan Rekomendasi Izin Mengikuti Pelatihan/Sosialisasi
- Ajuan Penerbitan Surat Persetujuan Sekretariat Negara (SP-Setneg)
- Ajuan Surat Pernyataan Menduduki Jabatan dan/atau Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas bagi Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Usulan Penghargaan Satya Lencana Karya Satya Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Usulan Pencantuman Gelar Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Usulan Pengembalian Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Usulan Pensiun Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Usulan Pemberhentian Sementara Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Usulan Pengaktifan Kembali Setelah Tugas Belajar bagi Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Usulan Pemuktahiran Data Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS di SIASN
- Ajuan Persuratan Terkait Kepegawaian (Khusus Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS)
- Disiplin/Kinerja Dosen Aparatur Sipil Negara Ditugaskan di PTS
- Data Pelaporan Beban Kerja Dosen
- Penilaian Angka Kredit Jabatan Akademik Dosen Asisten Ahli Dan Lektor
- Rekomendasi Usulan Jabatan Akademik Dosen Lektor Kepala Dan Profesor
- Validasi Perubahan Data Dosen Melalui Aplikasi SISTER
- Validasi Usulan Registrasi Pendidik/ Perubahan Nomor Registrasi/ Perpanjangan Nomor/ Alih Status/ Pindah Hombase Internal dan Eksternal/ Perubahan Data Dosen (Data Pokok dan Riwayat Pendidikan) pada PDDikti
- Penetapan Inpassing Pangkat Dosen Bukan Pegawai Negeri Sipil Golongan IV
- Penetapan Inpassing Pangkat Dosen Bukan Pegawai Negeri Sipil Golongan III
Mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 2017, dalam rangka melaksanakan tertib administrasi, maka bagi dosen pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan LLDikti Wilayah III yang akan melakukan proses pindah homebase diharapkan memenuhi persyaratan sebagai berikut ini :
1) Surat Pengantar usulan pindah homebase Pimpinan Perguruan Tinggi (Rektor/Ketua/Direktur);
2) Surat melepas (lolos butuh) dari Pimpinan Perguruan Tinggi asal;
3) Salinan surat keputusan pengangkatan sebagai Dosen Tetap dari Perguruan Tinggi yang baru;
4) Salinan ijazah dan transkrip nilai dari awal s/d terakhir;
5) Salinan Surat Keputusan Jabatan Fungsional awal s/d terakhir;
6) Salinan Surat Keputusan Inpassing terakhir dan sertifikat pendidik (bagi dosen bersertifikat pendidik);
7) Memiliki masa kerja paling singkat 2 (dua) tahun di Perguruan Tinggi asal;
8) Asli surat keterangan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat berat di perguruan tinggi asal dan tidak pernah dipidana penjara;
9) Surat keterangan berbadan sehat dari rumah sakit paling rendah tipe C;
10) Surat keterangan rasio dosen dan mahasiswa, dan surat keterangan mata kuliah yang akan diampu oleh dosen yang bersangkutan;
11) Asli surat Pernyataan tidak sedang dalam status tugas belajar/pendidikan/ikatan dinas/hibah lainnya dari Perguruan Tinggi asal;
12) Surat Rekomendasi dari LLDikti sebelumnya (khusus dosen yang pindah homebase antar LLDikti).
Bagi yang tidak menyampaikan berkas usul pindah homebase dosen sesuai dengan ketentuan, maka LLDikti Wilayah III tidak dapat memproses lebih lanjut.
Layanan pengesahan dokumen akademik (ijazah, transkrip, sertifikat profesi) diberikan bagi lulusan dari perguruan tinggi yang sudah tidak beroperasi atau tutup. SOP layanan ini dilakukan dalam waktu 7 hari kerja. Info selengkapnya mengenai syarat dan ketentuan pengesahan dokumen akademik dapat dilihat pada tautan ringkas.kemdikbud.go.id/pengesahanakademik
- surat pernyataan legalisir ijazah
- surat keterangan validasi dan klarifikasi ijazah
- Ijazah Asli dan fotocopy
- Transkrip nilai asli dan fotocopy
- Fotocopy KTP
- Surat Kuasa (jika diwakilkan)
Data PDDikti dapat di chek di situs PDDikti https://pddikti.kemdikbud.go.id/
Cek keabsahan Surat Kementerian
Layanan untuk mengecek keabsahan surat yang dikeluarkan oleh Direktorat dan Satuan Kerja di Lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Media Sosial Kami
Testimoni
Tanggap konsumen LLDikti Wilayah III dalam pelayanan
drg. Wiwiek Poedjiastoeti, Sp.BM., M.Kes.
Dekan FKG
Universitas Trisakti
Pada saat pengurusan SK Izin Pembukaan Program Studi S3 Kedokteran Gigi sangat dibantu oleh LLDikti Wilayah III dengan memberikan masukkan dokumen apa saja yang harus disiapakan dan dilengkapi sehingga proses usulan pembukaan Prodi baru kami dapat berjalan cepat dan lancar.
Dr. Tri Suratmi S.Pd., M.Pd.
Wakil Rektor 1
Universitas Respati Indonesia
Terima kasih kami sampaikan kepada LLDikti wilayah III yang telah menyerahkan SK Penyelenggaran Program Studi baru yaitu Program Studi Profesi Bidan. Proses dalam pengurusan ini cukup lancar, kami sangat diberikan kemudahan, sepanjang kami memenuhi semua persyaratan dan kami upayakan dengan sungguh-sungguh. Terima Kasih LLDikti Wilayah III.
Prof. Dr. Dra. Lely Arrianie, M.Si.
Guru Besar Bidang ilmu Komunikasi Politik Universitas Nasional
Hari ini saya menerima SK Pengangkatan sebagai Guru Besar/Profesor Ilmu Komunikasi Politik dari Kemdikbud melalui LLDikti Wilayah III. Alhamdullilah seluruh yang berkontribusi di LLDikti Wilayah III adalah insan-insan yang sangat professional dalam hal pelayanan dan tentunya sangat mengerti kesulitan yang dialami para calon Guru Besar, Terima Kasih LLDikti Wilayah III.