LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

PILMAPRES Wilayah III: Ajang Talenta Mahasiswa dari Jakarta untuk Indonesia

Jakarta – Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) merupakan ajang talenta dan kompetisi mahasiswa yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengapresiasi insan Pendidikan tinggi terbaik untuk menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. Pesertanya terdiri dari mahasiswa Perguruan Tinggi Akademik dan Perguruan Tinggi Vokasi.

Penyelenggaraan pemilihan mahasiswa berprestasi dimulai dengan seleksi tingkat perguruan tinggi dan dilanjutkan dengan seleksi tingkat wilayah. Sebanyak 20 finalis berhasil lolos desk evaluation yang terdiri dari 12 orang dari Perguruan Tinggi Akademik dan 8 orang dari Perguruan Tinggi Vokasi. Seluruh finalis selanjutnya mengikuti tahap seleksi akhir wilayah meliputi penilaian capaian unggulan, gagasan kreatif, dan kemampuan bahasa inggris.

Universitas Prasetiya Mulya Kampus Cilandak menjadi tuan rumah bagi pembukaan seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat wilayah III tahun 2023 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 9 Mei 2023. Kegiatan ini juga turut didukung oleh Universitas Esa Unggul, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas Bina Nusantara sebagai kolaborator acara. Selain itu, turut berpartisipasi juga PT. Kalbe Farma, InKanteen, dan PT. MATAER Digital sebagai sponsor.

Pilmapres menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama LLDikti nomor 3 yaitu mahasiswa yang berkegiatan di luar kampus atau berprestasi tingkat nasional. Maka dalam sambutannya, Kepala LLDikti Wilayah III, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P menuturkan

“Mahasiswa sebagai calon pemimpin Indonesia tidak hanya memiliki keterampilan dan pengetahuan, melainkan hard skills dan soft skills. Hal ini sejalan dengan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, jadi mahasiswa tidak hanya unggul dalam akademik saja, tapi menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing, dan berkarakter.”

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan dan seleksi tingkat wilayah, para peserta akan diberikan pembekalan lebih lanjut dalam mengaktualisasikan diri. Hal ini dilakukan agar peserta dapat mengasah kemampuannya jauh lebih baik. Pilmapres ini pun menjadi ajang pertemuan para mahasiswa berprestasi dari berbagai Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta secara kompetitif yang sehat.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Pembelajaran dan Kemahasiswaan LLDikti Wilayah III, Tri Munanto, SE, MAk mengatakan 

“Kami menitipkan untuk dikembangkan potensinya oleh masing-masing kampus, bahkan dijadikan duta atau ambassador untuk mahasiswa berprestasi, menularkan semangat, terlepas dari peringkat berapapun.”

Para juri yang terdiri dari enam pakar di bidangnya akan menilai para peserta. Mereka adalah Prof. Teddy Mantoro dari Universitas Sampoerna, Prof. Dr. Suswandari M. Pd dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Dr. Wahyu Hariadji dari Universitas Bina Nusantara, Dr. Tipri Rose Kartika, S.E., M.M. dari Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, Dr.rer.pol.Ied Veda R Sitepu dari Universitas Kristen Indonesia, dan Dora Angelina Aruan, S.Pd., M.Hum. dari Unika Atma Jaya.

Malam Penganugerahan Pilmapres Tingkat Wilayah Tahun 2023

Sebanyak 10 orang mahasiswa berprestasi dari lingkungan LLDikti Wilayah III telah terpilih dan akan berlaga di tingkat nasional. Dalam malam penganugerahan Pilmapres yang dilaksanakan di hari yang sama, yaitu 9 Mei 2023, 5 orang dari Perguruan Tinggi Akademik dan 5 Orang dari Perguruan Tinggi Vokasi telah terpilih setelah dilakukan penilaian dan penjurian. 

Salah satu peserta dari Universitas Indonesia menuturkan “Proses penjurian yang yang diadakan oleh LLDikti Wilayah III hari ini sukses besar. Acara ini berhasil memberikan banyak teman dan memberikan pelayanan sebaik mungkin. Tim dari LLDikti Wilayah III sangat ramah dan memfasilitasi. Sukses untuk kita semua”. 

Selain itu juga, salah satu juri Prof. Teddy Mantoro dari Universitas Sampoerna mengatakan “Para peserta memiliki ide-ide yang sangat kreatif, misalnya tentang penanganan kanker payudara dan diabetes di Indonesia. Luar biasa semangatnya semoga tertular kepada mahasiswa lainnya. Jadi seorang mahasiswa yang berprestasi adalah impian, karena akan mendatangkan banyak manfaat dan sebuah kebanggaan.”

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada 10 orang peserta seleksi Pilmapres tingkat wilayah:

Daftar Top 5 Pilmapres Wilayah III Jakarta – Perguruan Tinggi Akademik
1. Shakira Amirah, Universitas Indonesia
2. Edward Hartanto, Universitas Bina Nusantara
3. Annisa Widya, Universitas Negeri Jakarta
4. Veronica, Universitas Multimedia Nusantara
5. Alvian Mohamad, Universitas Yarsi

Daftar Top 5 Pilmapres Wilayah III Jakarta – Perguruan Tinggi Vokasi
1. Putri Anindya Ravinta, Universitas Indonesia
2. Rifqi Herdandi, Politeknik Negeri Media Kreatif
3. Michael Natanael, Politeknik Negeri Jakarta
4. Oktaviani, Universitas Trisakti
5. Mahessea Wira Madha, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Sumber: Humas LLDikti Wilayah III


Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top