LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

PILMAPRES Wilayah III : Ajang Merdeka Berprestasi, Talenta Mahasiswa Jakarta Menginspirasi

Jakarta (7 Mei 2024) Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) merupakan salah satu ajang talenta mahasiswa yang paling bergengsi yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) secara rutin setiap tahun. Berdasarkan pedoman yang diterbitkan oleh BPTI, Pemilihan Tingkat Wilayah yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) menjadi salah satu tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa menuju Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2024 yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 24-28 Juli 2024 di Gorontalo.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyinergikan asesmen berbagai kemampuan yang diperlukan di masyarakat. Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan dievaluasi dari aspek pengetahuan, dan keterampilan, serta keterampilan hidup, di antaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan karakter unggul lainnya. Di samping itu, tata cara pemilihan akan dilakukan secara berjenjang, berprinsip kesetaraan antara PTN dan PTS, serta berasas keterwakilan wilayah yang diselenggarakan di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) tiap wilayah. Perubahan lainnya adalah pemberian kesempatan kepada mahasiswa maksimal yang duduk di semester VIII.

Universitas Kristen Indonesia menjadi tuan rumah bagi acara seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Wilayah di Lingkungan LLDikti Wilayah III Tahun 2024 yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari sejak tanggal 6 – 7 Mei 2024 ini. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Wilayah III DKI Jakarta telah melalui beberapa tahapan, yang dimulai dari pendaftaran oleh 69 mahasiswa PTN dan PTS, kemudian dilanjutkan melalui seleksi awal berupa Desk Evaluation yang menghasilkan 25 calon mahasiswa berprestasi tingkat wilayah.

Berdasarkan jumlah pendaftar awal, BPTI memberikan kuota peserta tingkat nasional kepada Wilayah DKI Jakarta melalui LLDikti Wilayah III sebanyak 8 orang, yaitu terdiri dari 5 Calon Mahasiswa Berprestasi Sarjana dan 3 Calon Mahasiswa Berprestasi Diploma. Kuota Peserta Nasional yang diberikan oleh BPTI tersebut termasuk kuota yang cukup banyak dibandingkan LLDikti Wilayah lainnya. Hal ini menjadi peluang besar bagi mahasiswa di DKI Jakarta untuk menjadi Mahasiswa Berprestasi Nasional Tahun 2024.

Pilmapres menjadi salah satu Ajang Merdeka Berpretasi, Talenta Mahasiswa Jakarta Menginspirasi. Maka dalam sambutannya, Kepala LLDIkti Wilayah III, Bapak Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. menuturkan “Kami dari LLDikti Wilayah III, berharap kepada para calon mahasiswa berprestasi tingkat wilayah selama beberapa hari ke depan haruslah bersungguh-sungguh memberikan yang terbaik di hadapan para juri tingkat wilayah. Semoga tahun 2024 ini kita di LLDikti Wilayah III dapat mengulang dan melebihi prestasi tahun 2022 yang lalu dimana mahasiswa DKI Jakarta menjadi salah satu pemenang dari Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional.”

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Kerja Belmawa dan Prestasi Bapak Tri Munanto, S.E., M.Ak. mengatakan “Selamat kepada para pemenang tingkat wilayah, kita masih memiliki waktu beberapa hari kedepan untuk menyiapkan dokumen lebih baik lagi untuk tingkat nasional. Bagi para mahasiswa yang belum terpilih sebagai mahasiswa berprestasi tingkat wilayah tidak perlu berkecil hati karena LLDikti Wilayah III sangat bangga kepada semua calon mahasiswa berprestasi tingkat wilayah yang hadir hari ini dimana merupakan 25 mahasiswa terbaik diantara 600.000 mahasiswa di DKI Jakarta.”

Adapun dewan juri pada Pilmapres Tingkat Wilayah di LLDikti Wilayah III adalah Prof. Dr. Teddy Mantoro dari Universitas Sampoerna, Prof. Dr. Suswandari M. Pd dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Dr.rer.pol. Ied Veda Rimrosa Sitepu, S.S., M.A dari Universitas Kristen Indonesia, Dr. Wachyu Hari Haji, S.Kom., M.M. dari Universitas Bina Nusantara, Dr. Tipri Rose Kartika dari Politeknik Negeri Media Kreatif dan Dr. Dora Angelina Siagian, S.Pd., M.Hum. dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Mahasiswa Terbaik di Pilmapres Tingkat Wilayah :

Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana:

  1. Adnan Hasyim Wibowo : Universitas Indonesia
  2. ⁠Aurelia Bianca Hanjaya : Universitas Bina Nusantara
  3. ⁠Prima Wijaya Kusuma : Universitas Mercu Buana
  4. ⁠Muhammad Harish : Universitas Pertamina
  5. ⁠Fauzan Ilham Ramadan : STIE Trisakti

Mahasiswa Berprestasi Program Diploma:

  1. Pratama Varian Andika Parulian Siregar : Politeknik Negeri Jakarta
  2. ⁠Futihat Nurul Karimah : Universitas Indonesia
  3. ⁠Nayla Patricia Amaris : Politeknik Negeri Media Kreatif

Selamat LLDikti Wilayah III ucapkan kepada seluruh Mahasiswa Berprestasi yang telah berjuang sampai dengan tahap ini. Selamat berjuang kembali di tingkat Nasional.

Sumber : LLDikti Wilayah III

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top