LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Melalui Tracer Study

JAKARTA – (28/03/2023) Pada tanggal 14-15 Maret 2023 telah dilaksanakan acara yang membahas mengenai Tracer Study dengan pelayanan satu pintu di kampus dan pencegahan kekerasan seksual di perguruan tinggi. Acara ini dihadiri oleh pemgelola kemahasiswaan 283 Perguruan Tinggi Swasta secara daring dan luring di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang Selatan, Banten.

Tracer study merupakan studi yang memantau dan mengevaluasi karier dan kondisi para lulusan dari suatu perguruan tinggi. Tracer study penting dilakukan di pendidikan tinggi karena dapat membantu memahami tingkat kompetensi lulusan, meningkatkan relevansi program pendidikan, memperbaiki kualitas program pendidikan, meningkatkan reputasi perguruan tinggi, dan menentukan arah dan tujuan masa depan perguruan tinggi.

Dengan melakukan Tracer Study, perguruan tinggi dapat mengevaluasi kualitas program pendidikan yang ditawarkan dan memastikan bahwa lulusan memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses dalam karier mereka. Selain itu, tracer study juga dapat membantu menentukan bagian program pendidikan yang perlu ditingkatkan dan memastikan bahwa program pendidikan terus memenuhi standar kualitas.

Kepala LLDikti Wilayah III Dr. Paristiyanti Nurwardani, M.P. menuturkan bahwa Tracer Study merupakan sebuah riset untuk melacak dan mengevaluasi kinerja alumni dalam mencari pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi.

“Melalui Tracer Study, perguruan tinggi dapat mengetahui apakah kurikulum dan program pendidikan yang mereka berikan sudah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan” tuturnya.

Dalam acara tersebut, dibahas berbagai strategi pencegahan kekerasan seksual, seperti peningkatan kesadaran dan edukasi tentang kekerasan seksual serta penegakan hukum yang lebih tegas terhadap pelaku kekerasan seksual.

LLDikti Wilayah III terus berkomitmen dalam memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya Tracer Study, pelayanan satu pintu di perguruan tinggi, dan pencegahan kekerasan seksual di perguruan tinggi. Dengan adanya pemahaman yang lebih baik, diharapkan perguruan tinggi dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan dan membantu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh mahasiswa di perguruan tinggi.

Dokumentasi kegiatan:

Sumber: Humas LLDikti Wilayah III

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top