LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) LLDikti Wilayah III Tahun 2024 Bahas Transformasi Pendidikan Tinggi sampai Penanganan Kekerasan Seksual di Kampus

Pada hari Kamis, 1 Februari 2023, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III menggelar Rapat Koordinasi Daerah Tahun 2024 di Grand Chapel, Universitas Pelita Harapan dengan fokus pada transformasi pendidikan tinggi dan penanganan kekerasan seksual di kampus. Tema Rakorda yang diangkat pada tahun ini adalah Transformasi Pendidikan Tinggi Menuju Rekognisi Global Dalam Implementasi Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023. Bapak Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si, M.Sc. mengusung tema yang visioner yang harapannya dapat ditangkap oleh seluruh Perguruan Tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III untuk terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi guna bersaing di kancah internasional. LLDikti Wilayah III mengundang Pimpinan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi, Pimpinan Perguruan Tinggi, dan Para Guru Besar Perguruan Tinggi, serta mitra di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta.

“Ke depan kita harus terus berkolaborasi untuk merumuskan strategi yang dapat mengimplementasikan kebijakan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 secara efektif dan efisien yakni mewujudkan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang efektif, inklusif, dan adaptif sesuai dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga pendidikan tinggi dapat berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang berkelanjutan.” Ujar Bapak Toni dalam sambutannya.

Acara Rakorda ini dihadiri dan disambut oleh Bapak Dr. Fuad Wiyono, S.H., M.H. selaku Inspektur Investigasi Inspektorat Jenderal Kemendikbud dan Bapak Purwosusilo, M.Pd., Kepala Dinas Pendidilan DKI Jakarta.

Kehadiran para Narasumber yang inspiratif dan cakap juga melengkapi acara Rakorda LLDikti Wilayah III saat itu. Hal ini menjadi baik adanya karena pembahasan langkah-langkah konkrit dari implementasi Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 dapat menjadi bekal bagi Perguruan Tinggi yang mengikuti acara Rakorda ini. Dalam sesi panel yang pertama, Bapak Prof. Dr. Ari Purbayanto, M.Sc, selaku Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyampaikan bahwa “Yang menjadi kesenjangan dari mutu perguruan tinggi dikarenakan tingkat pemahaman, kesadaran, dan tanggung jawab terhadap Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) masih rendah. Hal inilah yang harusnya dapat menjadi koreksi bagi masing-masing perguruan tinggi, karena untuk menuju rekognisi global perguruan tinggi dituntut untuk dapat meruncingkan tujuan dalam meningkatkan mutunya menjadi perguruan tinggi internasional dalam menyediakan SDM Unggul yang menjawab kebutuhan dunia.”

Direktur Sumberdaya, Bapak Dr. M. Sofwan Efendi, menyampaikan bahwa dalam transformasi pendidikan tinggi, dosen berperan penting dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi. Dosen bekerja secara produktif pada pencapaian VMT PT dengan beban administrasi yang relevan merupakan tujuan dari tata kelola sumberdaya dosen pada Perguruan Tinggi. Selain pengelolaan dosen, Bapak Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr, Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat juga memaparkan peran efektif perguruan tinggi dalam implementasinya di dalam penlitian dan pengabdian masyarakat sebagai salah satu pilar Pembangunan Indonesia 2045 yaitu Pembangunan Manusia dan Penguasaan Iptek melalui peningkatan sumbangan Iptek dalam pembangunan oleh perguruan tinggi.

Bapak Dr. Lukman., ST., M.Hum, Direktur Kelembagaan menyampaikan bahwa Kelembagaan akan segera mengaktifkan penggunaan Sistem Automasi Akreditasi melalui aplikasi PEMUTU (Pemantauan, Evaluasi, dan Penjaminan Mutu PT). Aplikasi ini dapat menjadi sistem peringatan dini untuk prodi yang akan berakhir akreditasinya (6 bulan). Dilengkapi oleh Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T., Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan melalui daring saat panel kedua mengenai strategi proses pembelajaran mulai dari lingkungan pembelajaran, fleksibilitas pendidikan, serta beban dan masa pembelajaran.

Kepala Puspeka, Ibu Rusprita Putri Utami, S.E., M.A, dan Bapak Sriyana, S.H., LL.M., DFM – Kepala Biro Hukum LPSK, menjadi narasumber, menekankan pentingnya pembentukan satuan tugas PPKS di PTS guna menciptakan lingkungan aman dan bebas kekerasan seksual. Dukungan LLDikti Wilayah III terlihat dalam komitmen untuk melibatkan 270 PTS, di mana 120 di antaranya telah membentuk satuan tugas PPKS. Kegiatan ini juga mencerminkan pernyataan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Bapak Nadiem Makarim, yang mengingatkan bahwa setiap kampus harus merdeka dari segala bentuk kekerasan.

Survei Ditjen Diktiristek, 2020, mencatat bahwa 77% dosen menyatakan kekerasan seksual terjadi di kampus, tetapi 63% dari mereka tidak melaporkan kasus yang diketahui kepada pihak kampus. Fenomena ini dianggap sebagai gunung es yang berdampak pada mutu pendidikan tinggi.

Pada pagi hingga sore hari, penghargaan demi penghargaan juga diberikan kepada perguruan tinggi sebagai bentuk apresiasi LLDikti Wilayah III kepada Perguruan Tinggi yang telah menunjukkan kinerja terbaik dari yang terbaik selama Tahun 2023. Sejumlah 21 Kategori Penghargaan, 111 Plakat Penghargaan dan 144 Sertifikat Penghargaan diberikan kepada 159 Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDikti Wilayah III. Adapun kategori penghargaan yang diberikan antara lain:

  1. Perguruan Tinggi Swasta dengan Akreditasi Unggul atau A;
  2. Perguruan Tinggi Swasta Pelaporan PDDikti Terbaik;
  3. Perguruan Tinggi Swasta yang Telah Memiliki Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual;
  4. Perguruan Tinggi Swasta yang Baru membentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual;
  5. Profesor Termuda (Dari 505 Profesor) di LLDikti Wilayah III (Data per 21 Januari 2024);
  6. Perguruan Tinggi Swasta dengan peraih Guru Besar Terbanyak Tahun 2023;
  7. Perguruan Tinggi Swasta yang telah memiliki Computer Security Incident Response Team (CSIRT): berdasarkan data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tanggal 8 Januari 2024;
  8. Dosen dengan Score Publikasi SINTA Tertinggi;
  9. Perguruan Tinggi Swasta dengan Kontribusi Penelitian Terbaik Tahun 2023;
  10. Perguruan Tinggi Swasta dengan Metode Pembelajaran Terinovatif Tahun 2023;
  11. Perguruan Tinggi Swasta dengan Pengabdian Masyarakat Terbaik Tahun 2023;
  12. Perguruan Tinggi Swasta dengan Pendampingan Mahasiswa Terbaik Tahun 2023;
  13. Penghargaan Mahasiswa KIP Kuliah Berprestasi Tahun 2023;
  14. Penghargaan Mahasiswa MSIB Batch V sebagai Kreator Maskot LLDikti Wilayah III;
  15. Penghargaan Perguruan Tinggi Swasta dengan peserta MSIB Batch VI Terbanyak Tahun 2024;
  16. Perguruan Tinggi Swasta dengan Infrastruktur Terbaik Tahun 2023;
  17. Perguruan Tinggi Swasta dengan Kontibusi SDG’s Terbaik Tahun 2023;
  18. Perguruan Tinggi Swasta dengan Kemitraan Terbaik Tahun 2023;
  19. Perguruan Tinggi Swasta dengan Publikasi Terbaik Tahun 2023;
  20. Perguruan Tinggi Swasta dengan Kualitas Akademik Terbaik Tahun 2023;
  21. Perguruan Tinggi Swasta dengan Kinerja Luar Biasa Tahun 2023.

Setiap penghargaan diterima secara bangga oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Kami mengucapkan selamat kepada Perguruan Tinggi yang telah mendapatkan penghargaan dan semoga terus bisa mempertahankan mutu Pendidikan Tinggi menuju Indonesia Unggul.

Terdapat juga peluncuran Aplikasi dan Forum Kepemimpinan kolaborasi LLDikti Wilayah III dan LSPR sebagai Inovasi Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III dan  bentuk komitmen LLDikti Wilayah III dalam fasilitasi peningkatan mutu Pendidikan Tinggi, Aplikasi tersebut adalah EL-KITE, EL-123, dan EL-JAYA.

Acara Rakorda Tahun 2024 ini dimeriahkan pula oleh tarian moderen dan tradisional dari Universitas Tarumanagara, paduan suara dan tarian Universitas Pelita Harapan, Persembahan Angklung dari Yayasan Kampus Diakonia Moderen (KDM), dan Band The Rain. Selain itu dukungan besar lainnya mulai dari persiapan hingga implementasi acara Rakorda datang dari perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III.

Antusias dari berbagai pihak dalam berkolaborasi memberikan dukungan kepada LLDikti Wilayah III merupakan kunci sukses terlaksananya Rakorda ini dengan baik. Tiada Inovasi Tanpa Kolaborasi menjadi semakin nyata melalui acara Rakorda ini.

Sumber: Humas LLDikti Wilayah III

Lampiran:

Materi Narasumber : http://ringkas.kemdikbud.go.id/Rakorda2024LL3

Tonton Kembali Rakorda LLDikti Wilayah III Tahun 2024 pada Youtube : https://www.youtube.com/live/hjYIPJnj1_8?si=Q85p_dS3H6egvqgT

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top