LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Kolaborasi Pendidikan: Universitas Gunadarma dan Universiti Putra Malaysia Tandatangani Letter of Intent

Jakarta, 17 Februari 2024. LLDikti Wilayah III diundang untuk ikut mendampingi kegiatan Kunjungan dan Diskusi Perencanaan Kerjasama antara Universiti Putra Malaysia (UPM) dengan Universitas Gunadarma (UG) yang diselenggarakan di Auditorium Kampus F8 Fakultas Kedokteran Universitas Gunadarma.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc., Kepala Bagian Umum LLDikti Wilayah III Noviyanto, S.T., MMSI, Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE, MM., Wakil Rektor IV Universitas Gunadarma Prof. Dr. Didin Mukodim, MM, Head of Marketing Universiti Putra Malaysia Mohd Firdaus Bin Zakaria dan seluruh jajaran dari masing-masing institusi.

Dalam sambutannya, Mohd Firdaus Bin Zakaria menyampaikan bahwa selama kunjungannya ke Jakarta, khususnya saat berkunjung ke Universitas Gunadarma, menyatakan niatnya untuk mengembangkan kerjasama pendidikan dalam kerangka Creating Value dari Institution Collaborations Program. Program ini mencakup berbagai aspek, seperti Joint Collaboration Researches, Exchange Program, dan inisiatif lainnya. Mohd Firdaus Bin Zakaria menekankan pentingnya kolaborasi ini sebagai langkah strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kerjasama yang erat antara kedua lembaga.

Prof. Margianti turut menyampaikan pandangan serupa dengan menyebutkan bahwa perjanjian kerjasama yang ditandatangani hari ini merupakan langkah awal yang signifikan dalam memasuki tahap kolaborasi ini. Beliau menyoroti bahwa perjanjian tersebut menjadi dasar untuk langkah-langkah selanjutnya dalam membangun kedua kampus, dengan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan di masa depan. Prof. Margianti optimis bahwa kerjasama ini akan membawa dampak positif yang besar bagi pengembangan pendidikan di kedua lembaga, dan sekaligus membuka pintu untuk kerjasama lebih lanjut dalam berbagai aspek.

“LLDikti Wilayah III menitikberatkan pada pembangunan kemitraan antara kampus-kampus dengan mitra atau perguruan tinggi asing yang memiliki reputasi baik. Hal ini memiliki potensi untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) LLDikti Wilayah III dan perguruan tinggi terkait. Selain itu, peningkatan penelitian terhadap Sustainable Development dan aspek lainnya, juga dapat dikembangkan melalui kerjasama ini,” ujar Prof. Toni.

Dalam kegiatan ini ditandatangani Letter of Intent (LOI) sebagai komitmen kedua kampus dalam kerjasama yang akan dibangun kedepan. Paparan dari kedua kampus pun disambut baik oleh seluruh pihak untuk saling mengenal lebih dalam. Mewakili UG, Dr. rer. nat. I Made Wiryana, SSI, S.Kom., MAppSc menyampaikan pemaparannya terkait International Collaborations yang menghighlight sebuah tema yaitu “Coloring the Global Future”. Selain itu, narasumber UG, Prof. Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, M.Sc. dan Prof. Dr. Lintang Yuniar Banowosari, S.Kom., M.Sc. menyampaikan beberapa potensi kolaborasi antara UG dan UPM.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan adanya Academy Band persembahan Universitas Gunadarma.

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top