LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

6 Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah III Mempercepat MBKM Internasional

Den Haag – Netherlands (29 November 2023) – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III mendorong Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah III untuk melakukan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri secara Internasional. Sebanyak 6 Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Wilayah III melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama mitra industri dari dunia Internasional di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag, Netherlands. Tidak hanya itu, penandatanganan ini juga disaksikan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk Netherlands Bapak Agus Setiabudi.

Program “Merdeka Belajar” yang dianut oleh Kampus Merdeka merupakan perwujudan pendekatan yang berpusat pada civitas akademika di Perguruan Tinggi yang menawarkan pengalaman belajar yang fleksibel dan personal. Inisiatif ini memberdayakan civitas akademika, terutama mahasiswa untuk bisa mengeksplorasi mata kuliah interdisipliner, terlibat dalam aplikasi praktis, dan mengejar minat mereka, menumbuhkan budaya otonomi dan kreativitas.

“Seiring dengan dedikasinya terhadap reformasi pendidikan, LLDIKTI Wilayah III bersama 6 Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah III dengan bangga mengumumkan perluasan MBKM Mandiri dengan kolaborasi secara Internasional. Menjalin kemitraan strategis dengan institusi ternama di luar negeri, Kampus Merdeka bertujuan untuk menumbuhkan beragam peluang pembelajaran global bagi para Civitas Akademika di Perguruan Tinggi”. Ujar Bapak Prof. Dr. Toni Toharudin , S.Si., M.Sc. selaku Kepala LLDIKTI Wilayah III

Kolaborasi ini mencakup beragam inisiatif seperti pertukaran akademis, proyek penelitian bersama, program pendalaman budaya, dan usaha kolaboratif yang bertujuan untuk mengatasi tantangan global. Melalui kemitraan ini, Kampus Merdeka berupaya menanamkan pola pikir global, memperkaya pengalaman akademis, dan menumbuhkan pemahaman yang lebih mendalam tentang perspektif internasional di antara para pemangku kepentingannya.

“Kami percaya bahwa filosofi ‘Merdeka Belajar’ ditambah dengan kolaborasi internasional yang kuat, tidak hanya akan memberdayakan Mahasiswa di Perguruan Tingginya saja tetapi juga memperkuat posisi institusi (Perguruan Tinggi Swasta) kami sebagai pusat pembelajaran dan inovasi global. Kami gembira dengan dampak transformatif dari inisiatif ini terhadap lanskap pendidikan kita”. Ujar Dr. Wendi Usino selaku Rektor Universitas Budi Luhur.

Adapun 6 Perguruan Tinggi yang melakukan penandatanganan secara Internasional ini adalah :
Universitas Budi Luhur
Universitas Esa Unggul
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Universitas Gunadarma
Universitas Kristen Indonesia
Institut Komunikasi dan Bisnis Swadaya

Dengan adanya Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri ini, dan Perguruan Tinggi tetap teguh dalam dedikasi untuk menyediakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan inklusif yang mempersiapkan mahasiswa untuk berkembang dalam masyarakat global yang berkembang pesat.

Sumber : LLDIKTI Wilayah III

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top