LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDikti Wilayah III Berhasil Meloloskan 3 Mahasiswa Pada Ajang Pilmapres

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi atau yang biasa dikenal dengan Pilmapres merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Dengan fokus program Sarjana dan Diploma. terdapat beberapa tahap seleksi pemilihan, yang terdiri dari : (1) Seleksi Wilayah, (2) Seleksi Nasional Awal, dan (3) Final Pilmapres Nasional.

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi di tingkat perguruan tinggi melakukan pendaftaran secara daring melalui laman http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id dengan mengunggah kelengkapan dokumen sebagai berikut :

1. Surat pengantar dari perguruan tinggi yang minimal ditandatangani oleh pejabat bidang kemahasiswaan di tingkat perguruan tinggi, bukan tingkat fakultas/prodi/jurusan.

2. Borang pendaftaran peserta yang telah diisi lengkap

Final Pilmapres Nasional merupakan tahap akhir seleksi Pilmapres untuk menentukan para pemenang. Finalis akan diundang untuk mengikuti serangkaian proses pembekalan dan asesmen tatap muka dengan juri Pilmapres Tingkat Nasional.

Berdasarkan hasil seleksi dan tim juri Pilmapres yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus hingga 3 September 2022, Balai Pengembangan Talenta Indonesia dan dewan juri Pilmapres tahun 2022, perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III berhasil meloloskan 3 mahasiswa, diantaranya :

A. Muhammad Athallah Naufal dari Universitas Pertamina

B. Dhifan Kemal Akbar yang berasal dari Universitas Indonesia

C. Andre Ferdiawan dari Universitas Negeri Jakarta.

Dalam wawancaranya, ketiga mahasiswa memberikan pesan dan kesan atas lolos nya mereka ke tahap Final Pilmapres tingkat nasional.

Muhammad Athallah Naufal menyampaikan terima kasihnya kepada LLDikti Wilayah III atau dukungan dan apresiasi dalam pelatihan hingga tahap saat ini. “Harapan saya semoga kualitas pelatihannya dapat terus dipertahankan, dibuat jangka panjang persiapannya agar selalu menjadi yang terdepan.”

Dilanjutkan dengan penyampaian dari mahasiswa dengan kategori Diploma dari Universitas Negeri Jakarta ikut menyampaikan kesan dan pesannya. “Senang dan bangga rasanya dapat terpilih menjadi finalis pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional. Saya ucapkan terima kasih kepada LLDikti Wilayah III yang telah melakukan pembinaan serta mendukung penuh seluruh kontingen Wilayah III. Pilmapres adalah sebuah ajang bagi mahasiswa untuk bisa menunjukkan prestasi serta kemampuan dalam public speaking, senang bisa bertemu dengan berbagai mahasiswa hebat dari universitas lain. Semoga dengan adanya pilmapres ini dapat memotivasi bagi para mahasiswa untuk bisa percaya diri dan dapat berkontribusi terhadap kampus dan juga masyarakat. Dan semoga dapat memberikan pembinaan berupa public speaking skill, KTI skill sehingga bisa mengantarkan perwakilannya menjadi juara pilmapres nasional.”

Dhifan Kemal Akbar, mahasiswa Universitas Indonesia juga turut memberikan sepatah dua patah kata terkait pengalamannya mengikuti serangkaian proses Pilmapres hingga sampai ke final tingkat nasional. “Saya bersyukur karena dapat menjadi salah 1 dari 3 perwakilan yang lolos ke tahap final dari LLDIKTI 3. Dengan ini, saya mohon kepada teman teman LLDIKTI 3 untuk mendoakan kami di Final Pilmapres Nasional 2022 nanti. Saya berharap bahwa apa yang saya perjuangkan akhirnya akan membuah hal yang berguna bagi masyarakat luas. Tentu, saya juga berterima kasih kepada LLDIKTI 3 yang sudah menyelenggarakan tahap wilayah dengan baik. Semoga hal ini dapat terus dijalankan dari tahun ke tahun sebagai media untuk mahasiswa yang memperjuangkan ilmu. Saya berharap LLDikti Wilayah 3 dapat membantu menampung inovasi yang dibawakan oleh mahasiswanya, karena, apalah ide tanpa tindakan, apalagi jika tindakan hanya dikerjakan oleh seorang diri. Menurut saya, sukses adalah usaha bersama, untuk Indonesia yang lebih maju.”

Sumber : Humas LLDikti Wilayah III

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top