Jakarta – Pada tanggal 23 Maret 2022, FIBAA Accreditation Commission memutuskan empat prodi di UKI memperoleh akreditasi internasional untuk 5 tahun ke depan. Keempat Prodi tersebut yaitu Prodi Ilmu Hubungan Internasional Fisipol UKI, Prodi  Hukum FH UKI, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FSB UKI dan Prodi Sastra Inggris FSB UKI.

Kepala Kantor Urusan Internasional UKI, Dr. Lisa Gracia Kailola, S.Sos., M.Pd, menjelaskan FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) adalah sebuah lembaga di Eropa yang berorientasi internasional untuk penjaminan mutu dan pengembangan mutu dalam pendidikan tinggi. FIBAA merupakan mitra untuk Institusi Pendidikan Tinggi dan penyedia pendidikan yang sebanding.

“Dengan pengalaman bertahun-tahun dan jaringan ahli FIBAA yang besar, mereka mendukung banyak institusi tinggi dalam setiap langkah strategi meningkatkan kualitas setiap lembaga pendidikan tinggi, “ ujar Dr. Lisa Gracia Kailola.

Ketua Tim Akreditasi Internasional, Dr. Wilson Rajagukguk, M.Si.,M.A., mengatakan akreditasi internasional ini merupakan bukti bahwa UKI mampu bersaing di tingkat internasional terutama penelitian melalui jurnal-jurnal terakreditasi internasional maupun kerja sama dan konferensi internasional dengan berbagai universitas ternama di luar negeri.

“UKI melakukan yang terbaik untuk peningkatan kualitas pendidikan, sehingga terbentuk SDM yang unggul.  Status akreditasi internasional ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan prestasi di kalangan sivitas akademika UKI,” ujar Dr. Wilson.

Perolehan akreditasi internasional sesuai dengan salah satu misi UKI yaitu meningkatkan mutu lulusan yang berintegritas dan kompeten di bidangnya serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. Serta meningkatkan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terpublikasi tingkat nasional dan internasional.

“Kantor Urusan Internasional UKI mengucapkan terimakasih atas semua pihak yang mendukung perolehan akreditasi ini yaitu Pimpinan UKI, Kaprodi dan tim akreditasi internasional yang bekerja luar biasa hingga perolehan sertifikat yang membanggakan ini,” tutur Dr. Lisa Gracia Kailola.

Sebelumnya kegiatan asesmen akreditasi FIBAA dilaksanakan dari tanggal 7-9 Desember 2021 secara daring dengan menggunakan platform zoom. Proses penilaian dokumen Self Evaluation Report (SER) dan proses wawancara pimpinan di masing-masing Prodi mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua program studi, perwakilan dosen, alumni, staf kependidikan dan beberapa mahasiswa.

Pernah dimuat di :

https://reporter.uki.ac.id/berita/index/2022032464-empat-prodi-uki-raih-akreditasi-internasional-fibaa#:~:text=Keempat%20Prodi%20tersebut%20yaitu%20Prodi,Prodi%20Sastra%20Inggris%20FSB%20UKI.