LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Pimpinan dan Jajaran Staf LLDIKTI III Gelar Penandatanganan Pakta Integritas

Dalam menyambut tahun 2021, LLDIKTI Wilayah III Jakarta melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas sebagai wujud menyongsong semangat tahun 2021. Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB yang dilaksanakan secara hybrid yaitu daring (via zoom) dan luring di Aula KH. Dewantara, Kantor LLDIKTI III di SMA 14 Cawang pada 4 Januari 2021.

Dalam acara tersebut, Pimpinan dan jajaran staff berkomitmen untuk siap menjalankan tugas yaitu sebagai berikut: pertama, berperan proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela. Kedua, tidak meminta, memberi atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Yang ketiga, akan bersikap transparan, jujur objektif, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas. Kemudian yang keempat, menghindari pertentangan kepentingan dalam melaksanakan tugas. Kelima, dapat memberi contoh dalam mematuhi peraturan perundang-undangan secara konsisten selama melaksanakan tugas. Yang keenam, akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas di LLDIKTI WILAYAH III dan turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya. Yang terakhir, apabila melanggar hal-hal tersebut di atas, pegawai siap menghadapi konsekuensinya.

Acara Penandatanganan Pakta Integritas ini juga diisi dengan penghargaan Anugerah Humas Dikti kepada Tim Humas dan Sistem Informasi. Selanjutnya, disampaikan pula inovasi-inovasi yang perlu digencarkan pada tahun 2021 yang ditutup dengan pemberian apresiasi untuk lima orang ASN (Aparatur Sipil Negara) berprestasi di lingkungan LLDIKTI Wilayah III Jakarta.

Atas nama LLDikti Wilayah III kami mengucapkan terima kasih kepada tim humas, tim sistem informasi dan kerja sama, sekretaris lembaga, para Kabag, Kasubbag, seluruh pegawai LLDIKTI Wilayah III serta para pemangku kepentingan lainnya yang selalu senantiasa memberi dukungan. Sehingga LLDIKTI Wilayah III mendapat empat kategori. juara dalam Anugerah Humas Dikti secara langsung.” ucap Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. penuh syukur.

Adapun penghargaan Anugerah Humas Dikti 2020 tersebut antara lain juara 1 kategori kinerja laporan kerja sama, juara 1 kategori pers dan siaran pers, juara 1 kategori media sosial, dan juara 3 kategori pengelolaan laman. Penghargaan terhadap lima orang APARATUR SIPIL NEGARA berprestasi di tahun 2020 yaitu Dhita Widya Putri, Titah Widihastuti, Elih Ermawati, Wiji Murdoko, dan Ina Agustiani.

CAPAIAN LLDIKTI WILAYAH III TAHUN 2020

Prof. Dr. Agus menuturkan pada tahun 2020 LLDIKTI Wilayah III Jakarta menaungi 312 Perguruan Tinggi, yang terdiri dari 5 Perguruan Tinggi Negeri dan 307 Perguruan Tinggi Swasta, diantaranya sebanyak 10 Universitas dan 2 Sekolah Tinggi telah mendapat Akreditasi Unggul (A). Bersamaan dengan hal tersebut, pada tahun 2020 telah terdapat 1.865 Program Studi, dari yang sebelumnya pada 2019 adalah sebanyak 1.796 Prodi.

Hingga tahun 2020, jumlah Mahasiswa yang terdaftar di Lingkungan LLDIKTI Wilayah III dalam 5 tahun terakhir telah mencapai 717.187 mahasiswa. Persentase terbesar terdapat pada mahasiswa Universitas yaitu sebanyak 74% dan tertinggi kedua pada mahasiswa Sekolah Tinggi yaitu 13%. Pada perguruan-perguruan Tinggi yang berada di bawah LLDIKTI Wilayah III Jakarta, juga telah berhasil menghasilkan sebaran publikasi internasional mencapai 1.699 dan publikasi nasional sebanyak 12.206.

Terjadi perubahan program beasiswa di 2020, yaitu Bantuan UKT/SPP dan KIP Kuliah (semula adalah Bidikmisi), sedangkan Beasiswa PPA ditiadakan di tahun 2020. Persentase penetapan beasiswa tersebut adalah berupa pemberian kuota beasiswa KIP Kuliah sebanyak 3.810 penerima dan bantuan UKT sebanyak 37.340 kuota penerima.

Prof. Dr. Agus menambahkan bahwa pencapaian selama tahun 2020 adalah buah dari transformasi dan sinergi yang dilakukan oleh LLDIKTI Wilayah III, bersama-sama harus terus semangat untuk melayani sepenuh hati dalam memajukan LLDIKTI, serta selalu menjaga kesehatan tetap menerapkan 3M.

Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, namun masih banyak PR yang harus dikerjakan. “Terimakasih sekali lagi, untuk seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu dan semoga LLDIKTI III terus menjadi pelopor untuk Peningkatan Kualitas Layanan dan fasilitasi mutu Perguruan Tinggi. Kita harus terus semangat dalam melayani sepenuh hati, berinovasi, dan berkolaborasi untuk menggapai prestasi. Salah satunya resolusi tahun 2021 ini untuk menciptakan Perguruan Tinggi yang unggul dan berakreditasi A, memastikan jurnal-jurnal Perguruan Tinggi telah terakreditasi Sinta 1-6, memastikan laboratorium yang memadahi dan canggih, serta mengadakan Seminar Nasional dan Internasional Konsorsium. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menerapkan 3M dan menjaga Kesehatan diri.” tutup Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc.

Sumber: Humas LLDikti Wilayah III

info.lldikti3@kemdikbud.go.id

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top