Sebagai amanah dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, untuk mendukung kampus merdeka dan merdeka belajar setiap dosen dituntut memiliki kompetensi dan kemampuan lebih yang berkaitan pengalaman menimba ilmu dan pengalaman bekerja diluar institusinya. Berkenaan dengan hal tersebut, Direktorat Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan banyak menyelenggarakan program kegiatan, diantaranya adalah :

1. Program Detasering adalah program penugasan detaser (dosen pakar atau ahli) yang berasal dari Perguruan Tinggi Sumber (Pertisum), ke Perguruan Tinggi Sasaran (Pertisas) atau perguruan tinggi yang membutuhkan kepakaran atau keahlian detaser.

2. Sedangkan Bimtek Penulisan Artikel Ilmiah Internasional (PAI) adalah program yang bertujuan meningkatkan kompetensi para dosen tentang penulisan artikel ilmiah sesuai dengan kaidah ilmiah universal dan mendorong produktivitas para dosen agar mampu menghasilkan artikel ilmiah yang dipublikasi di jurnal internasional yang bereputasi.

Berkenaan dengan hal tersebut, bagi yang berminat untuk mengikuti kegiatan tersebut dapat melamar secara on-line melalui laman : kompetensi.sumberdaya.kemdikbud.go.id dengan batas waktu usulan sesuai pada masing-masing program kegiatan sebagai berikut :

No Program KegiatanPeriodeBatas Waktu Usulan
1.Detasering
a. Usulan sebagai Detaser19 Juli 2020
b. Usulan sebagai Pertisas19 Juli 2020
2.Bimtek Penulisan Artikel Ilmiah Internasional BereputasiGel-110 Agustus 2020
Gel-212 Oktober 2020

Persyaratan dan jadwal pelaksanaan program kegiatan, dapat lihat pada pedoman masing-masing program kegiatan yang dapat di unduh pada laman : dikti.kemdikbud.go.id dan kompetensi.sumberdaya.kemdikbud.go.id

Lampiran surat silahkan unduh pada tautan dibawah ini