LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Program Pendidikan LEMHANAS RI TA. 2010

lemhannas

PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN REGULER ANGKATAN- XLIV DAN PROGRAM PENDIDIKAN REGULER ANGKATAN – XLV LEMHANNAS RI TA. 2010
1. Dasar :
a. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 67 Tahun 2006 tanggal 13 Juni 2006 tentang Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia.
b. Surat Keputusan Gubernur Lemhannas RI Nomor : Skep /01/I/2009 tanggal 5 Januari 2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Program dan Anggaran Lembaga Ketahanan Nasional RI TA. 2009.
2. Sesuai dasar tersebut diatas, bersama ini diinformasikan bahwa Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) pada Tahun Anggaran 2010 menyelenggarakan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) – XLIV dan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) -XLV, dengan penjelasan sebagai berikut :
a. PPRA-XLIV Lemhannas RI TA. 2010 akan dimulai pada tanggal 26 Januari 2010 dan berakhir pada tanggal 29 September 2010, sedangkan PPRA-XLV Lemhannas RI TA. 2010 akan dimulai pada tanggal 16 Maret 2010 dan berakhir pada tanggal 9 Desember 2010.
b. PPRA-XLIV dan PPRA-XLV Lemhannas RI TA. 2010 akan dilaksanakan selama 40 minggu dengan 2 system yaitu :
1) System off campus dengan metode e-learnig dan teleconference, dilaksanakan selama 14 minggu yang dapat dilakukan dari kantor / tempat kerja masing – masing peserta.
2) System on campus dengan metode ceramah dan diskusi, dilaksanakan selama 26 minggu yang dilakukan di dalam kompleks Lemhannas RI.
c. Kegiatan utama bagi para peserta PPRA-XLIV dan PPRA-XLV Lemhannas RI TA. 2010 Lemhannas RI meliputi :
1) Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN).
2) Studi Strategis Luar Negeri (SSLN).
3) Simulasi tentang Sistem Manajemen Nasional (Sismennas).
4) Menulis dan paparan Kertas Karya Perorangan (Taskap).
d. Lemhannas tidak memungut biaya apapun bagi peserta PPRA-XLIV dan PPRA-XLV Lemhannas RI program TA. 2010 karena operasional pendidikan didukung dari DIPA Lemhannas RI / APBN TA. 2010, disamping itu Lemhannas RI menyediakan makan, minum, uang saku, buku-buku pelajaran dan perpustakaan serta fasilitas penginapan / mess (bagi peserta yang berasal di luar Jabodetabek).
e. Persyaratan dan ketentuan administrasi sebagai calon peserta PPRA-XLIV dan PPRA-XLV Lemhannas RI TA. 2010 sebagai berikut :
1) Calon peserta dari Pegawai Negeri Sipil.
a) Bersih dari masalah sekurity (Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres).
b) Pangkat minimal Pembina Utama Muda ( IV/c) dan minimal telah menduduki jabatan Eselon-II di lingkungan Departemen / Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) / Lembaga Pemerintah Provinsi.
c) Lulus Diklat Pim Tk-II atau setingkat (Spamen, Sespanas), diutamakan telah mengikuti Diklat Pim Tingkat-I (Spati) atau lulus pendidikan S-3.
d) Usia maksimal 53 tahun.
e) Berbadan sehat yang dinyatakan dengan surat keterangan uji kesehatan dan cek ulang yang dirujuk ke Rumah Sakit yang ditunjuk oleh Lemhannas RI.
f) Diarahkan untuk menduduki jabatan pada tingkat strategik dan mampu mengembangkan pengetahuan serta pengalaman yang berlingkup nasional.
g) Mampu dan memahami pemanfaatan teknologi informasi (mengoperasikan computer microsoft office, e-mail dan internet) serta paham berbahasa Inggris.
h) Diusulkan ke Lemhannas RI oleh pimpinan Departemen atau Lembaga Non Departemen atau Gubernur selaku Pembina Kepegawaian yang bersangkutan.
2) Calon peserta dari Prajurit TNI
a) Bersih dari masalah sekurity (Security Clearence).
b) Menduduki minimal jabatan Kolonel Permantapan.
c) Pangkat Kolonel (Masa Dinas Perwira / MDP minimal 24 tahun) atau Pati Bintang Satu.
d) Usia maksimal 53 tahun.
e) Lulus Sesko Angkatan, diutamakan telah mengikuti Sesko TNI.
f) Lulus seleksi kesehatan oleh Panitia Pemeriksaan Badan TNI dan cek ulang kesehatan yang dirujuk ke Rumah Sakit yang ditunjuk oleh Lemhannas RI.
g) Diarahkan untuk menduduki jabatan pada tingkat strategik dan mampu mengembangkan pengetahuan serta pengalaman yang berlingkup nasional.
h) Mampu dan memahami pemanfaatan teknologi informasi (mengoperasikan computer microsoft office, e-mail dan internet) serta paham berbahasa Inggris.
i) Bagi calon peserta di luar struktur TNI, diusulkan oleh Pengguna kepada Panglima TNI melalui Kepala Staf Angkatan.
j) Diusulkan ke Lemhannas RI oleh Panglima TNI.
3) Calon peserta dari Anggota Polri
a) Bersih dari masalah sekurity (Security Clearence).
b) Menduduki minimal jabatan Kombes Pol Permantapan.
c) Pangkat Kombes Pol (Masa Dinas Perwira / MDP minimal 24 tahun) atau Pati Bintang Satu.
d) Usia maksimal 53 tahun.
e) Lulus Sespim Polri, diutamakan telah mengikuti Sespati Polri.
f) Lulus seleksi kesehatan oleh Panitia Pemeriksaan Badan Polri dan cek ulang kesehatan yang dirujuk ke Rumah Sakit yang ditunjuk oleh Lemhannas RI.
g) Diarahkan untuk menduduki jabatan pada tingkat strategik dan mampu mengembangkan pengetahuan serta pengalaman yang berlingkup nasional.
h) Mampu dan memahami pemanfaatan teknologi informasi (mengoperasikan computer microsoft office, e-mail dan internet) serta paham berbahasa Inggris.
i) Bagi calon peserta di luar struktur Polri, diusulkan oleh Pengguna kepada Kapolri.
j) Diusulkan ke Lemhannas RI oleh Kapolri.
4) Calon peserta dari Tokoh Masyarakat dan dari Instansi di Luar Lembaga Pemerintah / Negara.
a) Bersih dari masalah sekurity (Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres).
b) Telah berkecimpung minimal 5 tahun dalam Ormas / LSM yang terdaftar resmi di Depdagri atau berkecimpung dalam Organisasi Parpol Peserta Pemilu tahun 2009 yang memiliki perwakilan di DPR RI atau menduduki Jabatan Pimpinan pada Organisasi Tingkat Pusat / Provinsi atau Pimpinan Organisasi Perusahaan Swasta Nasional.
c) Berijasah minimal S-1.
d) Usia maksimal 53 tahun.
e) Berbadan sehat yang dinyatakan dengan surat keterangan uji kesehatan dan cek ulang kesehatan ke Rumah Sakit yang ditunjuk oleh Lemhannas RI.
f) Mampu dan memahami pemanfaatan teknologi informasi (mengoperasikan computer microsoft office, e-mail dan internet) serta paham berbahasa Inggris.
g) Diusulkan oleh Pimpinan Pusat Organisasi / LSM yang bersangkutan.
h) Bagi Tokoh Masyarakat harus diusulkan oleh Gubernur Provinsi setempat.
Pendaftaran :
1) Bagi calon peserta PPRA-XLIV Lemhannas RI TA. 2010 pendaftaran dimulai tanggal 1 Agustus 2009 sampai dengan tanggal 31 Oktober 2009, sedangkan bagi calon peserta PPRA-XLV Lemhannas RI TA. 2010 pendaftaran dimulai tanggal 1 Oktober 2009 sampai dengan tanggal 31 Desember 2009.
2) Surat pendaftaran ditujukan kepada Gubernur Lemhannas RI U.p Sekretaris Utama d/a Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta Pusat.
g. Apabila memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Staf Bagian Seldik Biro Kerjasama Settama Lemhannas RI Jl. Merdeka Selatan No. 10 Jakarta Pusat, melalui Kolonel Inf Drs. Lintong Saragih No Telp 021.3832114 / No Hp 08179944266 atau Mayor Inf. Sutjipto No Telp 021.3832118 / No Hp 081311017575.
Dikeluarkan di : J a k a r t a
Pada tanggal : – – 2009
A.n GUBERNUR LEMBAGA KETAHANAN NASIONAL RI
SEKRETARIS UTAMA

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top