LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Partisipasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024

Kepada Yth. Seluruh Pemimpin Perguruan Tinggi
Di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III

Sehubungan dengan surat dari Sekretaris Jendral Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor: 11385/A.A7/HM.00.00/2024 kami mengimbau kepada seluruh Perguruan Tinggi di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III untuk bisa berpartisipasi dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024. Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) merupakan acara nasional tahunan yang diinisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan seluruh lapisan masyarakat agar menjadi lndonesia Tangguh Bencana. Peringatan HKB sudah dilakukan sejak tahun 2017 dan menjadi momentum membangun budaya sadar bencana dimana masyarakat melakukan evakuasi secara mandiri secara rutin. HKB tahun 2024 mengangkat tema “Siap Untuk Selamat” dengan subtema “Indonesia Tangguh Indonesia Hebat”.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III mendukung kegiatan HKB yang dilaksanakan setiap tanggal 26 April setiap tahun melalui optimalisasi penyelenggaraan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana.

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan bencana di satuan pendidikan, kami mengimbau Saudara untuk menugaskan seluruh Kepala Satuan Pendidikan/Pimpinan Perguruan Tinggi sesuai kewenangan Saudara agar:

  1. Berpartisipasi dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dengan melakukan beberapa pilihan kegiatan sebagai berikut:
    1. Sosialiasi, edukasi dan kampanye publik/sosial media terkait SPAB;
    2. Peningkatan keterampilan dan kapasitas warga satuan pendidikan dalam penyelenggaraan SPAB;
    3. Pengecekan sarana dan prasarana keselamatan, penyusunan uji prosedur tetap/ PROTAP, kesiapan personil dan pengecekan logistik peralatan kebencanaan yang ada dalam satuan pendidikan;
    4. Uji sistem dan alat peringatan dini, pengecekan jalur, rambu dan tempat evakuasi yang ada di dalam satuan pendidikan; dan/atau
    5. Latihan penyelamatan diri, evaluasi mandiri dan simulasi kebencanaan pada tanggal 26 April 2024 pukul 10:00 waktu setempat
  2. Berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat / lembaga lainnya seperti Badan SAR Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran, Palang Merah Indonesia (PMI), Gerakan Pramuka, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdhatul Ulama (LPBI NU), Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), dan lembaga lainnya yang memiliki kompetensi dan kapasitas dalam penanggulangan bencana khususnya program SPAB dalam melaksanakan rangkaian kegiatan HKB 2024. Kegiatan HKB 2024 dapat dilaksanakan pada bulan April 2024.
  3. Mendaftarkan atau melaporkan kegiatan HKB tahun 2024 yang dilaksanakan di masing-masing Satuan Pendidikan melalui tautan berikut https://bit.ly/daftarhkb2024.

Informasi mengenai HKB tahun 2024 dapat diakses melalui tautan https://linktr.ee/hkb2024 dan informasi mengenai SPAB dapat diakses pada tautan https://spab.kemdikbud.go.id/.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Saudara, kami ucapkan terima kasih.

    Share:

    Kabar Terkini

    Scroll to Top