LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Festival Budaya Nusantara dan Pelepasan Mahasiswa Peserta PMM3 Inbound UAI


Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) gelar acara pelepasan 73 mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023 (PMM3) inbound yang berasal dari 33 universitas di luar Jawa, pada Kamis, 1 Februari 2024. Pelepasan mahasiswa PMM3 inbound yang berlangsung di Aula Buya Hamka dihadiri oleh Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Drs. Zirmansyah, M.Pd., Wakil Walikota Jakarta Selatan, Edi Sumantri, dan Manajer Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Kemendikbud RI, Rajib Khafif Arruzi, baik secara offline maupun online via Zoom Meeting.

Acara dibuka dengan laporan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Drs. Zirmansyah, M.Pd., bahwa sebanyak 73 mahasiswa inbound yang berasal dari 33 universitas di luar Jawa telah selesai melaksanakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2023 (PMM3). Beliau juga menuturkan bahwa Universitas Al-Azhar Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang peserta MBKM inboundnya terus meningkat. “Berapapun lamanya mahasiswanya, mereka tetap mahasiswa UAI,” ujar Wakil Rektor I kepada para peserta PMM3. Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. selaku Rektor UAI menyampaikan sambutan serta membuka acara pelepasan melalui Zoom Meeting. Beliau mengungkapkan rasa bangga karena telah menerima para mahasiswa PMM3 yang mempunyai antusiasme dalam belajar serta menjunjung tinggi keragaman budaya Indonesia yang sangat kaya. Beliau juga berpesan untuk mahasiswa peserta PMM3 untuk terus pelajari soft skill, hard skill, networking, serta perkuat diri dengan meningkatkan kekuatan intelektual, spiritual, dan modal kerja yang relevan. Sambutan Rektor ditutup dengan pembukaan acara pelepasan PMM3 yang dilakukan secara virtual.

Setelah membuka acara pelepasan PMM3 inbound, tamu istimewa, yaitu Wakil Walikota Jakarta Selatan, Edi Sumantri, turut menyampaikan sambutan dengan memberikan apresiasi kepada peserta PMM3 inbound di

UAI yang telah menjalankan program tersebut dengan baik. Bahkan beliau mengatakan bahwa mahasiswa yang mengikuti PMM3 ini merupakan mahasiswa pilihan yang telah terpilih dari ratusan mahasiswa lainnya yang ikut daftar dalam program tersebut. Wakil Walikota Jakarta Selatan berharap peserta PMM3 tidak hanya mendapatkan ilmu baru saja, tetapi juga mendapatkan teman baru dan mendapatkan  pengalaman  melihat  budaya yang ada di Jakarta. Rajib Khafif Arruzi selaku Manajer Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Kemendikbud RI juga sampaikan sambutan bahwa pelaksanaan program PMM3 ini telah berjalan dengan lancar. Beliau juga menjelaskan implementasi modul nusantara di UAI yaitu 73 mahasiswa peserta PMM3 inbound dapat saling bertemu belajar dan saling memaknai keberagaman bangsa satu sama lain. Rajib menyampaikan bahwa apa yang didapat dari program PMM3 ini akan menjadi modal penting untuk membangun generasi yang tidak hanya siap menjadi pemimpin negeri, tetapi juga mampu dalam menerima perbedaan dan siap melangkah tumbuh bersamanya.

Setelah sesi sambutan, mahasiswa PMM3 inbound dan outbound Universitas Al-Azhar Indonesia menyampaikan testimoninya terkait dengan program pertukaran mahasiswa yang telah mereka jalankan. Mereka sampaikan segala pengalaman yang telah dialami selama satu semester di UAI dan di luar UAI. Penyampaian testimoni dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat secara simbolik kepada perwakilan peserta PMM3 inbound UAI, yang disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Drs. Zirmansyah, M.Pd., dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan & Alumni, Dr. Faisal Hendra, Lc., M.A.

Acara inti dari pelepasan peserta PMM3 inbound yaitu Nusantara Show Festival Budaya. Pada acara ini, kelompok mahasiswa PMM3 inbound menampilkan berbagai pertunjukan, yang dimulai dengan pertunjukkan nyanyi bersama, pertunjukan drama, dan penampilan aneka budaya khas asal Nusantara. Pertunjukan yang ditampilkan oleh peserta PMM3 mulai dari penampilan Tari Sinanggar Tulo asal Sumatera Utara, tari kreasi Nusantara, Tari Piring asal Sumatera Barat, Duet lagu Batak “Marduo Holong”, Duet lagu Minang “Ratok Pasaman”, Tarian adat Papua, Tari Dekko, Tari Ondel- Ondel, Medley Lagu Daerah, dan penampilan Puisi. Selama festival budaya berlangsung, para peserta ikut menyemarakan acara ini dengan sangat meriah, mulai dari menggunakan pakaian adat hingga ikut bernyanyi dan berjoget. Para peserta tampak sangat menikmati momen- momen keseruan tersebut. Puncak acara kegiatan ini yaitu pemutaran video kompilasi kegiatan mereka selama di UAI selama satu semester dan sesi perpisahan. Tampak suasana riang gembira festival budaya berubah menjadi sedih karena sebentar lagi mereka akan berpisah dan kembali ke daerah masing- masing. Para mahasiswa inbound saling berfoto dan berpelukan satu sama lain. Tidak lupa mereka juga berterimakasih kepada panitia dan pembina PMM3 yang telah menemani mereka selama satu semester. Nusantara Show Festival Budaya ditutup dengan sesi foto bersama.

Semoga festival budaya dan pelepasan program MBKM PMM tahun 2023 menjadi momen yang sangat berkesan bagi peserta PMM3 inbound, serta bagi Universitas Al-Azhar Indonesia.

Sumber: Humas Universitas Al-Azhar Indonesia

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top