LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Dosen Institut STIAMI Siap Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi atau Nasional Terindeks SINTA 1 atau 2 

Institut STIAMI (25 April 2024) – Berdasarkan ruang lingkupnya, data jurnal bereputasi dibagi menjadi dua, yaitu Sinta dan Scopus. Sinta (Science and Technology Index) merupakan sebuah laman ilmiah yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek yang menyediakan daftar jurnal nasional terakreditasi sehingga dapat dijadikan sebagai tujuan utama untuk mencari sumber referensi berupa jurnal nasional dengan kualitas yang diakui oleh Kemendikbud Ristek. Sedangkan scopus adalah salah satu layanan indeksasi dan penyedia database atau pusat data jurnal yang berada di bawah naungan Elsevier, sebuah organisasi atau perusahaan penerbit publ   ikasi ilmiah internasional yang berbasis di Amsterdam, Belanda.

Kegunaan dari dua jenis publikasi ini menjadi tolak ukur prestasi dari masing-masing peneliti khususnya yang berperan aktif di dunia pendidikan. Dalam rangka meningkatkan kualitas Dosen di Institut STIAMI, Direktorat Riset dan Abdimas melaksanakan kegiatan Pelatihan Dan Penulisan Ilmiah untuk Publikasi Di Jurnal Internasional Bereputasi Atau  Nasional Terindeks SINTA 1 Atau 2. 

Direktur Riset dan Abdimas Dr Anita Maulina, S.AB, M.A dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa semangat seluruh dosen untuk bisa mempublikasikan karya ilmiah nya ke jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terindeks sinta, kemudian beliau juga menyampaikan setiap dosen memiliki potensi dan peluang yang sama, tidak hanya dosen yang sudah memiliki gelar doktoral saja.

Dalam kegiatan yang dilakukan secara hybrid ini diikuti oleh seluruh dosen Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI, Direktorat Riset dan Abdimas menghadirkan narasumber yang berkompeten dan berpengalaman dibidangnya yakni Doktor(Cand) Budiana Ruslan, S.IP, M.B.A dengan materi penulisan ilmiah yang disampaikan, mulai dari trik penulisan, pembahasan literature review atau tinjauan pustaka yang wajib dilakukan untuk bisa mengembangkan teori yang digunakan, format yang digunakan dalam penulisan artikel juga harus disesuaikan dengan template jurnal yang dituju dan memperhatikan norma penulisan yang baik dan benar. 

Harapan nya kegiatan pelatihan ini dapat diikuti oleh seluruh Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI, guna menambah pengetahuan dalam penulisan ilmiah yang bisa dipublikasikan ke jurnal internasional atau nasional dan meningkatkan mutu serta kualitas Dosen Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI.

Sumber: Humas Institut STIAMI

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top