LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Mahasiswa Ukrida Raih 4 Medali Emas dalam Kejuaraan Taekwondo Piala Kemenpora RI

Mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo meraih prestasi dengan membawa pulang 4 medali emas dalam ajang Mok’s Taekwondo Championship 5, yang merupakan Piala Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia. Kejuaraan berlangsung pada 24 dan 25 Februari 2024 di Gedung Olahraga (GOR) Dempo Jakabaring Sport City, Palembang.  Davinson Rayvalno dari Program Studi Akuntansi menyumbangkan satu medali emas untuk kategori Kyorugi senior putra, sementara Desintha Ayuningsih Nautu juga dari Program Studi Akuntansi meraih prestasi serupa untuk kategori Kyorugi senior putri. Angel Veronica Desy dari Program Studi Keperawatan turut menyumbang medali emas untuk kategori Kyorugi senior putri, sementara Jessica Putri Mangginsila dari Program Studi Kedokteran berhasil meraih medali emas untuk kategori Poomsae senior putri. Latihan yang keras dan rutin di bawah bimbingan Sabeum (pelatih) Jimy Indrawinata, yang sekaligus merupakan atlet nasional Taekwondo peringkat Dan 5 membawa hasil membanggakan.

UKM Taekwondo Ukrida yang berdiri pada tahun 2006 meraih banyak prestasi di berbagai kejuaraan antara lain: 

  • Independence Cup se-DKI-Jawa tahun 2008 meraih 2 emas
  • Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (Pomda) II Propinsi DKI Jakarta tahun 2008 meraih 2 perak 
  • Kompetisi Nasional Taekwondo Kapolri Cup di GOR POPKI Cibubur tahun 2018 meraih 9 emas dan 4 perak 
  • Kejuaraan Kemenpora RI Mok’s Taekwondo tahun 2020 meraih 7 medali emas dan 2 medali perak
  • New York Eagles International Taekwondo Championship tahun 2021 meraih 6 medali Emas, dan 2 medali Perak
  • Kompetisi Nasional Taekwondo Cup Kapolri di GOR POPKI Cibubur tahun 2022 meraih 2 emas dan 8 perak
  • Kejuaraan Nasional Kemenpora RI tahun 2022 (online) meraih 5 medali perak dan 5 medali perunggu untuk kategori Poomsae
  • Kejuaraan Nasional Prabu Taekwondo Challenge VI tahun 2023 meraih 6 medali emas dan 2 medali perak
  • Kejuaraan Nasional Danrem 052/Wijayakrama tahun 2023 meraih 2 medali emas, 7 medali perak, dan 1 medali perunggu
  • Kejuaraan Nasional Kemenpora RI Mok’s Taekwondo 5 tahun 2024 meraih 4 medali emas.

Wakil Rektor III Ukrida Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan, dr. Theresia Citraningtyas Budianta, MWH, Ph.D., Sp.KJ., menyambut gembira prestasi yang diperoleh para mahasiswa Ukrida ini. “Saat saya melihat mereka berlatih, saya sangat terkesima. Mereka sangat disiplin berlatih tanpa memikirkan untuk menjadi juara, bahkan dari mereka ada yang semula mengikuti latihan Taekwondo hanya untuk melindungi diri, tetapi kemudian malah menjadi juara dan memperoleh medali emas.” Selanjutnya, dr. Citraningtyas menambahkan, “Latihan yang tekun serta terus dimotivasi oleh pelatih membuat mereka percaya diri, dan ini menjadi bagian dari pengembangan karakter, kepribadian, potensi mereka sehingga memperoleh hasil optimal”.

Kepala Unit Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Ukrida, Rudiyanto Daniel Hutapea, S.E., M.M., yang juga bangga atas prestasi yang diraih atlet Taekwondo Ukrida mengatakan “Saat ini, tim atlet Taekwondo Ukrida melanjutkan berlatih dengan giat untuk fokus mengikuti Kejuaraan Internasional Taekwondo di Thailand, Agustus 2024, terlebih keikutsertaan ini akan turut membawa nama negara Republik Indonesia. Ukrida tentunya sangat memberi perhatian terhadap ini, dan melalui keikutsertaan para atlet Taekwondo Ukrida di setiap turnamen akan meningkatkan sportivitas, kekompakan, dan daya juang mereka.” 

Sementara itu, Davinson Rayvalno, salah seorang atlet Taekwondo Ukrida, menuturkan dia tertarik mengikuti olah raga beladiri Taekwondo sejak tamat SMA. Davinson yang selama di Ukrida sudah mengikuti enam kejuaraan menceritakan bahwa instruksi yang diberikan oleh Sabeum Jimy Indrawinata cukup mudah dicermati, dan sangat memotivasi serta meningkatkan disiplin. Perolehan medali emas ini membuatnya bangga, dan terlebih lagi bisa membanggakan almamaternya, yaitu Ukrida. Desintha Ayuningsih Nautu yang juga meraih medali emas menceritakan pengalamannya mengikuti UKM Taekwondo Ukrida sejak menjadi mahasiswa. Saat itu terpikir ikut Taekwondo untuk perlindungan diri melalui beladiri, dan ada kebanggaan saat ini walaupun belum genap setahun mengikuti latihan sudah meraih prestasi. Menurut Desintha, diperlukan ketekunan, kesabaran, dan disiplin diri, serta fokus dalam setiap latihan. Baginya Ukrida mendukung dengan fasilitas yang diperlukan, termasuk dispensasi saat harus meninggalkan sementara perkuliahan. 

Pencapaian gemilang ini menjadi bukti nyata komitmen Ukrida dalam memperhatikan dan mengembangkan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswanya yang mampu bersaing di kancah nasional bahkan internasional. Ukrida secara konsisten membawa semangat Lead to Impact yang mendorong para mahasiswa untuk meraih prestasi sebagai upaya memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Sumber: Humas UKRIDA

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top