LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Abdimas Fakultas Farmasi UTA’45 Jakarta, Tingkatkan Pengetahuan Kesehatan Siswa dan Guru

Dosen, mahasiswa Farmasi UTA’45 Jakarta beserta siswa dan guru sebagai peserta penyuluhan kesehatan

Fakultas Farmasi merupakan salah satu Fakultas di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta yang juga merupakan salah satu Prodi farmasi terbaik yang ada di Jakarta. Sebagai institusi pendidikan, selain aktivitas pembelajaran kampus juga melaksanakan pengabdian masyarakat.

Sejalan dengan misinya untuk meningkatkan kesehatan di masyarakat, maka diadakan penyuluhan Kesehatan sebagai suatu project perkuliahan Farmakoterapi, perkuliahan dengan pengampu Prof. apt. Diana Laila R, M.Farm, Ph.D yang dilaksanakan bersama beberapa mahasiswa di ruang perkuliahan kampus 106 Gedung UTA’45 Jakarta pada Kamis (18/1/2024).

Adapun mahasiswa pelaksana adalah: Agnes Agustina Manongga, Azmi Annisa Islamyah, Brigita Victoria, Delita Marbun, Egy Octaviani, Fitchi Wigati, Katarina Esavina Kamonongjap, Melwin Sunny Situmorong, Nhila Putri Evani, Rosna Elfrina Sitompul, Siska Serli Sarawa, Windi Sawitri, dan Yuni Arsita Fitriyani.

Rangkaian kegiatan diawali dengan paparan materi dari narasumber, yaitu mahasiswa dan dosen, kemudian diadakan konsultasi bersama tentang kesehatan peserta penyuluhan serta diskusi dan tanya jawab tentang berbagai permasalahan penyakit.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini turut mengundang siswa-siswi sekolah SMA dan guru sebagai target penyuluhan dengan tujuan: Meningkatkan pengetahuan siswa-siswi mengenai etika batuk yang benar, pengetahuan tentang penyakit Diabetes Militus, Meningkatkan pengetahuan siswa-siswi dan guru tentang penyakit Hipertensi, penyakit Kolesterol, penyakit Infeksi, pencegahan, dan penatalaksaannya secara non farmakologis, Meningkatkan wawasan siswa-siswi dalam bidang kesehatan yang terkait pentingnya pendidikan kesehatan melalui pola hidup sehat, dan Memperkenalkan Apotik Pendidikan Fakultas Farmasi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta di kalangan masyarakat.

Penyampaian Materi dari dosen dan mahasiswa kepada para peserta penyuluhan kesehatan.

Panitia pelaksana, Brigita Victoria menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat berjalan dengan baik atas kerjasama sama antar dosen dan mahasiswa, serta sekolah-sekolah. Setiap materi diepersiapkan seefektif mungkin agar dapat mudah diserap dan diikuti oleh peserta penyuluhan kesehatan.

Shifa, salah satu siswa peserta penyuluh kesehatan merasakan kegiatan ini secara langsung menambah wawasan dan penegtahuan tentang kesehatan, agar dapat saling menjaga kesehatan, baik untuk dirinya dan sekitarnya. Fakultas Farmasi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta selalu berkomitmen untuk terus melakukan pengabdian masyakarakat sebagai bagian dari tridharma perguruan tinggi. Adapaun berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang selalu dieberiakan kepada masyarakat berupa penyuluhan kesehatan terhadap berbagai penyakit dan pemanfaatan obat-obatan.

Sumber : Humas Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top