LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Sosialisasi Mekanisme Keuangan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) menyelenggarakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Program ini menjadi wujud dari kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas perkuliahan di Perguruan Tinggi lain yang tersebar di wilayah Indonesia selama 1 (satu) semester.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa yang mampu bergaul dengan beragam latar belakang, juga memberikan pengalaman belajar di PT lain melalui sistem alih kredit untuk memperkuat dan memperluas kompetensi serta memberikan pengalaman kebinekaan melalui pelaksanaan modul nusantara. Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2021 telah diluncurkan pada tanggal 12 Juni 2021 dan masa pendaftaran program telah ditutup pada tanggal 5 Juli 2021. Hasil seleksi penerimaan mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka telah diumumkan pada tanggal 29 Juli 2021. Sehingga pelaksanaan program akan segera dilakukan sesuai dengan dimulainya kalender akademik pada masingmasing perguruan tinggi. Untuk itu, mengenai pembahasan terkait mekanisme dan dokumen keuangan dalam rangka pemenuhan syarat pencairan dana yang ditujukan kepada pihak pemberi dana, harus segera dirampungkan.

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan hormat kami mengundang dan memohon kepada pimpinan Perguruan Tinggi, untuk menugaskan dan menghimbau kepada Koordinator PT serta Tim Keuangan di masing-masing Perguruan Tinggi peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka untuk hadir dalam pertemuan secara daring yang akan diselenggarakan sesuai surat terlampir berikut :

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top