TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Tugas pokok dan fungsi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) pada awalnya mengacu pada Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 15 tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, yaitu peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah kerjanya.

Sebelumnya LLDikti bernama Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) yang bertugas membina Perguruan Tinggi Swasta di wilayah kerjanya. Tonggak sejarah baru LLDikti ditandai dengan dilantiknya Kepala dan Sekretaris LLDikti Wilayah I – XIV pada tanggal 26 Juli 2018 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Perubahan bentuk menjadi LLDikti diharapkan dapat menjadi organisasi yang lebih efektif dan strategis, serta dapat bersinergi dengan program-program di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Semenjak bertransformasi menjadi LLDikti, koordinasi tidak hanya dilakukan dengan Perguruan Tinggi Swasta saja, tetapi juga dengan Perguruan Tinggi Negeri.

Sejak 20 Oktober Tahun 2019 LLDikti berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 34 Tahun 2020, bahwa LLDikti berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Menteri, berkoordinasi secara teknis dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Direktorat Jenderal Vokasi, serta secara administratif melalui Sekretariat Jenderal.

Saat ini ada 16 LLDikti yang tersebar di Indonesia. LLDikti Wilayah III berada di Provinsi D.K.I. Jakarta dan mempunyai tugas melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan fungsinya sebagai berikut:

  1. pelaksanaan pemetaan mutu pendidikan tinggi;
  2. pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan
    perguruan tinggi;
  3. pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu pengelolaan
    perguruan tinggi;
  4. pelaksanaan fasilitasi kesiapan perguruan tinggi dalam
    penjaminan mutu eksternal;
  5. pengelolaan data dan informasi perguruan tinggi;
  6. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan fasilitasi peningkatan
    mutu perguruan tinggi; dan
  7. pelaksanaan administrasi

Sampai dengan 7 Maret tahun 2021 ini terdapat 299 Perguruan Tinggi Swasta dan 5 Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi mitra kerja LLDikti Wilayah III, dengan berbagai bentuk seperti Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi, Politeknik dan Akademi Komunitas.