LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Dari Kegiatan Pengembangan Penalaran Mahasiswa Bidang IPA dan IPS Tahun 2012

Mengawali detik-detik tahun baru 1 Muharram 1434 H, Kopertis Wilayah III selesai menyelenggarakan kegiatan “Pengembangan Penalaran Mahasiswa Bidang Ilmu IPA dan IPS” pada Rabu (14/11). Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk workshop yang diselenggarakan selama 3 hari mulai Senin (12/11) di Hotel Grand USSU, Cisarua, Puncak, Bogor diikuti 84 mahasiswa.  Workshop tersebut menghadirkan Prof. Dr. Ernawati Sinaga, Dosen  sekaligus Peneliti pada Universitas Nasional Jakarta, Dr. Wahyu Wibowo, Reviewer Publikasi Ilmiah Ditjen Dikti Kemdikbud, dan Dr. Surahman, Dosen PNS Dpk pada Universitas Yarsi.
Ketiga narasumber ini membahas tentang bagaimana mengembangkan nalar mahasiswa dalam menyusun karya publikasi ilmiah.
Pembukaan kegiatan di kantor Kopertis Wilayah III oleh Sekretaris Pelaksana, Netty Herawaty, yang menyampaikan pentingnya kompetensi  lulusan menjadi modal utama untuk bersaing di tingkat global, karena persaingan yang terjadi adalah pada kemampuan sumber daya manusia yang tidak saja memiliki cerdas dan kompetitif, tetapi juga berkarakter serta memiliki softskil yang cukup. Kegiatan dilanjutkan dengan ice breaking, untuk mencairkan suasana peserta dan mengakrabkan diantara mahasiswa dari 90 PTS, kemudia secara bersama  peserta menuju lokasi kegiatan di Cisarua dengan menggunakan bus.
Dalam sesi pertama, Dr. Wahyu Wibowo,  memaparkan Kerangka Berpikir Ilmiah dan Problem Penalaran sebagai modal dasar pentingnya penulisan karya ilmiah. Pada sesi kedua, Prof.Dr. Ernawati Sinaga membahas Dasar-dasar Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Sedangkan pembahasan Kode Etik Penulisan dan Etika Penulisan oleh Dr. Surahman sebagai penutup bahasan di hari pertama.
Pagi, di hari kedua, peserta melakukan senam, tracking, dan fun games untuk menyegarkan dan menjalin keakraban peserta. Seusai sarapan, peserta melakukan tugas mandiri untuk menyusun karya publikasi ilmiah yang terbagi dalam 5 kelompok bidang ilmu IPA dan 5 kelompok bidang ilmu IPS, dengan pendampingan oleh masing-masing narasumber. Topik penulisan dipilih berdasarkan penilaian makalah yang dibuat oleh masing-masing peserta. Hasil tugas mandiri kelompok tersebut selanjutnya dipaparkan.
Dari workshop ini dihasilkan 10 karya publiksi ilmiah yang selanjutnya akan di upload pada Portal e Jurnal di Kopertis Wilayah III atau Portal Garuda yang ada di website dikti. Sehingga diharapkan dapat menjadi dasar untuk memotivasi mahasiswa dalam mengembangkan karya publikasi ilmiahnya. (imamyuwono)

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top