LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Olimpiade MIPA Ke-3 Tingkat Wilayah III

onmipa1JAKARTA, 30 Maret 2011 – Kopertis Wilayah III sebagai pelaksana tingkat wilayah III se-Jabodetabek dan Banten mengadakan seleksi tahap II Olmpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) yang ke-3.

Seleksi yang dilaksanakan tanggal 30 Maret dan 31 Maret 2011 ini, dimulai sejak pukul 09.00 – 16.30 WIB, diikuti oleh 344 mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta di lingkungn Kopertis Wilayah III (Jakarta dan sekitarnya) dan Perguruan Tinggi Negeri di Jabodetabek dan Banten. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya diikuti 80 mahasiswa

Peserta akan melalui proses penilaian yang berbeda di tahun ini, yaitu adanya kesempatan bagi puluhan mahasiswa untuk maju ke tahap selanjutnya pada setiap bidang yang diujikan. Hal itu berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana hanya disediakan kesempatan bagi 4 peserta di setiap bidang untuk mengikuti tahap selanjutnya. Namun, Kopertis Wilayah III tidak memiliki wewenang untuk memberitahu berapa tepatnya jumlah peserta yang nantinya akan lolos. “Penentu jumlah pemenangnya adalah Dikti, kami hanya pelaksana kegiatan”, jelas Dra. Netty Herawaty, MM selaku Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah III.

Diperlombakannya bidang Biologi juga menjadi hal yang berbeda dalam olimpide MIPA tahun ini. Sebelumnya bidang yang diperlombakan dalam Olimpiade MIPA hanya Matematika, Kimia, dan Fisika.

Bagi peserta yang lolos akan berkesempatan mengikuti olimpiade tingkat nasional, yang menurut Kepala Bagian Kemahasiswaan Kopertis Wilayah III, Dra.Asnelly, diperkirakan akan diadakan pada bulan Mei 2011. Tidak hanya itu, jika peserta berhasil mencapai tingkat internasional, peserta akan mendapatkan fasilitas Beasiswa hingga jenjang pendidikan S3 dari Kemdiknas.

Dra. Netty Herawaty, MM selaku Sekretaris Pelaksana Kopertis III, berharap dengan adanya perlombaan seperti ini akan semakin memotivasi perguruan tinggi yang ada saat ini untuk mempersiapkan mahasiswanya untuk menghadapi seleksi mulai tingkat PTS, Kopertis, Nasional, bahkan internasional. Sedangkan Dra. Asnelly menambahkan, dengan adanya hadiah beasiswa yang dijanjikan Pemerintah bagi mahasiswa yang berhasil mencapai tingkat Internasional, diharapkan semakin memacu minat mahasiswa untuk kuliah di bidang MIPA.

onmipa3 onmipa2 onmipa4

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top