LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III dan Gunadarma Dorong Digitalisasi dan Pengembangan PSDKU dalam Episode Ketiga LEADERSHIP TALKS

Jakarta, 17 September 2024. LLDikti Wilayah III Bersama Gunadarma melanjutkan tongkat estafet episode Leadership Talks yang ke – 3, Diskusi Kepemimpinan Perguruan Tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III. Kegiatan ini diselenggarakan di Kampus J6, Universitas Gunadarma, Cikunir, Bekasi. Tema yang diangkat pada episode ini adalah Digitalisasi Perguruan Tinggi, Peluang dan Tantangan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Bagi Kampus di Lingkungan LLDikti Wilayah III. Melalui episode ke – 3 Leadership Talks ini, Pemimpin Perguruan Tinggi diajak untuk berpikir visioner untuk melihat peluang dan tantangan dalam pengembangan dan perluasan layanan pendidikan kampusnya.

Prof. Dr. E.S. Margianti, SE.,MM selaku Rektor Universitas Gunadarma dengan senang hati menyambut para Pemimpin Perguruan Tinggi yang hadir dan berbagi praktik baik atas transformasi digital dan pengembangan Kampus PSDKU yang telah dilakukan oleh Universitas Gunadarma.

“Transformasi Digital telah menjadi pilar penting dalam pengembangan pendidikan tinggi. Digitalisasi membuka peluang yang sangat besar untuk memperluas pelayanan pendidikan ke daerah-daerah yang terpencil. Namun tentunya implementasi ini, memerlukan infrastruktur dan kebijakan yang adaptif pada era sekarang ini sehingga diperlukan kesiapan Perguruan Tinggi dalam menyusun strategi perluasan dan pengembangan kampusnya dengan mengidentifikasi peluang dan tantangan” ujar Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. dalam sambutan dan pembukaan kegiatan.

Dalam pemaparannya Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc menyampaikan bahwa konsistensi untuk Perguruan Tinggi dalam menghadirkan kualitas pendidikan yang setara dengan kampus utama merupakan tantangan utama dari PSDKU. Kesenjangan akan kualitas dosen, infrastruktur, dan fasilitas penunjang harapannya tidak terjadi pada kampus PSDKU. Namun, hal ini juga dapat menjadi peluang yang besar bagi perguruan tinggi untuk memudahkan dan menjangkau mahasiswa lainnya yang jauh dari kampus utama.

Kegiatan Diskusi Kepemimpinan Perguruan Tinggi Tahun 2024 ini juga menghadirkan 2 (dua) narasumber lainnya yang digabungkan dalam sesi panel dimoderatori oleh Dr. Ruddy J. Suhatril, SKom., M.Sc. selaku GUCC – Sistem Development Center -BAPSI di Universitas Gunadarma. Dalam sesi panel ini, Bapak Deny Kurniawan, M.Sc., Ph.D. selaku Koordinator Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi Diktiristek, melakukan pembahasan meruncing mengenai Peluang dan Tantangan PSDKU, dan Prof, Dr.-Ing. Adang Suhendra, SSi,SKom,MSc. mengupas tentang Digitalisasi Perguruan Tinggi.

Disimpulkan bahwa perguruan tinggi harus cermat dalam menyusun rencana pembangunan PSDKU, melihat peluang dan tantangan menjadi penting dalam memitigasi risiko yang mungkin timbul dan memastikan keberlanjutan PSDKU. Hal ini juga melibatkan pengembangan strategi yang mendukung peningkatan aksesibilitas, kualitas pendidikan, serta relevansi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lokal dan global. Selain itu, menghadapi tantangan pendidikan tinggi di era digital, perguruan tinggi perlu mengembangkan smart classroom, memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), serta mengintegrasikan super computer dalam proses pembelajaran dan administrasi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing institusi.

Paparan Narasumber Leadership Talks #3 : https://s.id/PaparanLeadershipTalks3

Scroll to Top

Survei Layanan LLDikti Wilayah III

Yuk ikut berpartisipasi dalam peningkatan layanan pada LLDikti Wilayah III melalui Survei Kepuasan Masyarakat dan Indeks Persepsi Anti Korupsi

Hubungi kami via Whatsapp