LLDikti Wilayah III

Sosialisasi dan Pendampingan Teknis Penggunaan Aplikasi Penomoran Ijazah dan Sertifikasi Nasional (PISN) secara Hybrid

Jakarta, 22 Juli 2024. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III menggelar acara Sosialisasi dan Pendampingan Teknis Penggunaan Aplikasi Penomoran Ijazah dan Sertifikasi Nasional (PISN) kepada operator perguruan tinggi  Perwakilan Bidang Akademik di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Bapak Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. membuka acara ini secara resmi. Kepala LLDikti Wilayah III menuturkan “Dalam rangka melaksanakan amanat Pasal 14 Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara lain, Direktorat Jenderal Pendidikan, Tinggi, Riset, dan Teknologi telah meluncurkan modul Penomoran Sertifikat Profesi Nasional pada aplikasi Penomoran Ijazah dan Sertifikat Nasional (PISN)” ujar Kepala LLDIKTI Wilayah III dalam sambutannya.

Ditjen Diktiristek melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Suning Kusumawardani, ST., MT, akan memberlakukan masa transisi penggunaan modul ini hingga akhir Desember 2024. Selanjutnya pada semester genap tahun akademik 2024/2025 semua program studi harus sudah menggunakan penomoran sertifikat profesi nasional. Dengan tujuan mengurangi resiko pemalsuan, konsistensi dalam penomoran yang memudahkan dalam pelacakan dan penomoran data lulusan, tranparansi dan akuntabilitas, digunakan pihak berwenang dalam meningkatkan kepercayaan publik, dan dapat digunakan dalam pengambilan keputusan yang berbasis data dan Pendidikan tinggi yang lebih baik. 

Sementara itu Rektor Institut Transportasi dan Logistik Trisakti Ibu Dr. Yuliantini, AMTrU, M.M. juga turut hadir dalam acara ini, dalam sambutannya Ibu Dr. Yuliantini memberikan pandangan bahwa “Penomoran Ijazah dan Sertifikat Profesi Nasional (PISN) mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan mutu dan integritas pendidikan tinggi. Ini sejalan dengan upaya untuk membangun sistem pendidikan yang transparan, akuntabel, dan berdaya saing tinggi.” Ujar Ibu Dr. Yuliantini dalam sambutannya.

Sumber : LLDIKTI Wilayah III

Scroll to Top

Survei Layanan LLDikti Wilayah III

Yuk ikut berpartisipasi dalam peningkatan layanan pada LLDikti Wilayah III melalui Survei Kepuasan Masyarakat dan Indeks Persepsi Anti Korupsi

Hubungi kami via Whatsapp