LLDikti Wilayah III

Kolaborasi LLDikti Wilayah III dan Universitas Mercu Buana Menuju Kampus Zero Kekerasan Seksual

Rabu, 17 Juli 2024 – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III bersama Universitas Mercu Buana menggelar Konsinyasi Pimpinan Perguruan Tinggi Satgas PPKS Menuju Kampus Zero dari Kekerasan Seksual. Acara ini berlangsung di Auditorium Gd. Tower Lantai 7, Universitas Mercu Buana dan dihadiri oleh 196 pemimpin Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan LLDikti Wilayah III secara luring, serta disiarkan langsung melalui YouTube LLDikti Wilayah III dan Universitas Mercu Buana.

12 PTS yang telah ditunjuk sebagai PTS Pendamping Satuan Tugas PPKS turut hadir melengkapi kegiatan hari ini. Dengan hikmat kegiatan ini dimulai dengan doa dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M. Eng. selaku Rektor Universitas Mercu Buana menyambut baik kolaborasi ini dan menyatakan dukungannya dalam menciptakan kampus yang aman, inklusif, dan Zero Kekerasan Seksual. Secara khusus dalam kegiatan ini dilakukan penandatanganan Pakta Integritas khusus civitas akademika Universitas Mercu Buana, dilanjutkan dengan Penandatanganan Pakta Integritas oleh 12 PTS Pendamping, 21 PTS Akreditasi Unggul dan A, serta 163 PTS lainnya.

Penandatangan Pakta Integritas menjadi bukti bahwa PTS juga ikut bergerak serentak mewujudkan kampus yang visioner dan bebas dari kekerasan seksual.

Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc. “Saya mengapresiasi setinggi-tingginya untuk PTS yang telah sukses membentuk Satgas PPKS dan telah menyusun langkah-langkah proaktifnya. Saya menarik fokus utama pada pendampingan berkala dengan 1 PTS Pendamping untuk sekitar 5 PTS Asuh didalam proses pembentukkan Satgas PPKS dengan mengutamakan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan kolaborasi didalam mencapai tujuan bersama.”

Pertemuan Pemimpin Perguruan Tinggi dalam kegiatan ini membangun sinergi yang kuat dan diskusi yang mendalam bersama para narasumber yaitu Ibu Dr. Maria Ulfah Anshor, M.SI. selaku Komisioner Komnas Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Bapak Indra Budi Setiawan, S.Kom., M.Pd. selaku Penanggungjawab Isu Kekerasan Seksual dan Tim Iklim Keamanan Satuan Pendidikan Puspeka. Pembahasan mencakup strategi PTS dalam “Mewujudkan Kampus yang Aman, Nyaman, dan Inklusif bagi semua Civitas Akademika Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDikti Wilayah III Kemendikbudristek”.

Tim Kerja Anti Dosa Pendidikan dan Integritas Akademik (ADIA) LLDikti Wilayah III terus berinovasi dengan melaunching website ADIA yang terintegrasi dengan laman utama LLDikti Wilayah III. “Laman website ini diharapkan dapat membantu Satgas PPKS dalam memperbarui informasi serta menambah ide konten tentang PPKS Pendidikan Tinggi.” ucap Taufan Setyo Pranggono, S.Kom., M.Si., Ketua Tim Kerja ADIA LLDikti Wilayah III.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan kampus yang lebih aman dan inklusif, serta membangun budaya akademik yang bebas dari kekerasan seksual di seluruh PTS di wilayah LLDikti III.

Scroll to Top

Survei Layanan LLDikti Wilayah III

Yuk ikut berpartisipasi dalam peningkatan layanan pada LLDikti Wilayah III melalui Survei Kepuasan Masyarakat dan Indeks Persepsi Anti Korupsi

Hubungi kami via Whatsapp