LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta: Guru Besar Baru, Semangat Baru!

Sumber: Humas LLDikti Wilayah III

Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Toni Toharudin, S.Si, M.Sc menyatakan bahwa Guru Besar memiliki peran penting sebagai penyelenggara perubahan di dunia Pendidikan Tinggi. Dalam menghadapi persaingan global yang ketat saat ini, penting bagi lulusan perguruan tinggi untuk memiliki kemampuan dan kualitas yang sangat baik. Selain itu, perguruan tinggi harus menyediakan fasilitas dan dosen yang kompeten.

LLDikti Wilayah III, sebagai satuan kerja dari Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bertanggung jawab dalam hal peningkatkan mutu pendidikan tinggi di Provinsi DKI Jakarta yang fokus pada pemberdayaan kualitas Dosen. Guru Besar dianggap sebagai agen perubahan yang membantu perguruan tinggi menciptakan lingkungan pengajaran berkualitas, yang pada gilirannya meningkatkan daya saing perguruan tinggi di Wilayah III Jakarta.

Dalam upaya ini, Toni juga menekankan bahwa pada tahun 2030, Indonesia diharapkan menjadi negara ekonomi terbesar ke-7 di dunia, dan perguruan tinggi diharapkan berperan dalam penelitian dan pengembangan teknologi industri. Untuk mendukung ini, LLDikti Wilayah III terus mendorong angka pertumbuhan Guru Besar di lingkungannya.

Guru Besar dianggap sebagai pemimpin yang dapat mendorong perubahan dalam institusi pendidikan. Mereka diharapkan dapat memotivasi pengajar lainnya untuk terus berkembang. Guru Besar juga memiliki peran penting dalam mencapai indikator kinerja utama yang telah ditetapkan oleh Kemdikbudristek untuk perguruan tinggi.

Pada 31 Agustus 2023 bertempat di Kantor LLDikti Wilayah III, telah dilaksanakan pemberian Surat Keputusan (SK) Mendikbudristek kepada 7 Guru besar, antara lain:

  1. Prof. Dr. Dra. Hj. Irma Setyawati, M.M., Bidang Ilmu Keamanan Internasional, Universitas Kristen Indonesia
  2. Prof. Angel Damayanti, S.I.P., M.Si., M.Sc., Ph.D., Bidang Ilmu Manajemen, Universitas Nasional
  3. Prof. Binsar Jonathan Pakpahan, S.Si(Teo)., M.A., Ph.D., Bidang Ilmu Filsafat dan Etika, Sekolah Tinggi Filsafat Theologi Jakarta
  4. Prof. Dr. Drs. Danial Thaib, M.M., Bidang Ilmu Manajemen, Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  5. Prof. Dr. Cicilia Windiyaningsih, S.K.M., M.Kes., Bidang Ilmu Epidemologi, Universitas Respati Indonesia
  6. Prof. Dr. Dra. Lely Arrianie, M.Si., Bidang Ilmu Komunikasi Politik, Universitas Nasional
  7. Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.M., Bidang Ilmu Manajemen, Universitas Nasional

Dalam arahannya, Kepala LLDikti Wilayah III menuturkan “Sebagai agen perubahan di lingkungan kampus, Guru Besar diharapkan dapat terus menggelorakan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kepada warga kampusnya agar mencapai indikator kinerja utama perguruan tinggi. Toni menyatakan bahwa kontribusi para Guru Besar dalam pembangunan bangsa sangat dihargai dan diharapkan mereka terus memberikan arahan dan inovasi di bidang akademik, terutama dalam program-program MBKM.”

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top