LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Campus Update Channel | [EPS 2] Visi Pendidikan 2050 UNESCO dan Merdeka Belajar

JAKARTA – (20/02/2023) Dalam panel diskusi episode kedua kali ini JPM TV bersama LLDikti Wilayah III mengangkat topik mengenai pendidikan tinggi menjadi dasar pembangunan negara dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membantu memecahkan masalah baik sosial dan ekonomi yang menjadi perhatian penting dalam UNESCO.

Melalui pendidikan tinggi, seorang mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibuthkan dalam dunia kerja yang diminati dan dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja yang dapat membangun negara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, dengan adanya program di pendidikan tinggi yang beragam dapat membantu mengatasi masalah lingkungan baik dari perubahan iklim dan degradasi lingkungan, serta membantu masalah penggangguran dan kemiskinan yang terjadi.

Faktor lainnya pun mempengaruhi dari segi masalah kesehatan, sosial, dan ekonomi yang ada di lingkungan masyarakat dengan meningkatkan taraf dan kuliats hidup dan menciptakan lingkungan yang jauh lebih baik dan sehat agar kehidupan dapat tumbuh dan berkembang dengan sejahtera.

Dengan itu hubungan dari pendidikan tinggi dan UNESCO yaitu dapat menciptakan dan menegakkan kesetaraan gender dan mengatasi diskriminasi yang membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang isu gender dan mengatasi diskriminasi terutama pada perempuan dan kelompok-kelompok tertentu yang rentan menjadi korban diskriminasi.

Dalam 4 pilar yang dimiliki UNESCO dalam upaya mewujudkan Merdeka Belajar (Learning for All):  

  1. Akses dan Partisipasi
  2. Kualitas
  3. Ekuitas
  4. Relevansi

Keempat pilar tersebut menekan pentingnya memberikan akses dan kualitas pendidikan yang adil dan merata bagi seluruh insan, serta memastikan bahwa setiap individu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk hidup dan berkembang dengan sejahtera.

Pembahasan lengkap mengenai Visi Pendidikan 2050 UNESCO dan Merdeka Belajarakan dikupas secara tuntas bersama dengan narasumber kompeten yaitu Ibu Dr. Paristiyanti Nurwardani, M.P. selaku Kepala LLDikti Wilayah III dan Prof. Ismunandar selaku Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO hanya di Campus Update Channel JPM TV.

Dokumentasi kegiatan:

Sumber: Humas LLDikti Wilayah III

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top