JAKARTA – (24/01/2023) Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang berkaitan dengan kebijakan akreditasi, baik untuk program studi maupun untuk institusi perguruan tinggi, merupakan sebuah terobosan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang inovatif. Pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa. Melalui program merdeka belajar yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik, maka hard dan soft skills mahasiswa akan terbentuk dengan kuat. Sehingga kelak mahasiswa dapat menjadi pilar-pilar kokoh sebagai generasi SDM unggul bagi bangsa dan negara.

MBKM memiliki keunggulan untuk menarik minat menggapai sasaran dalam lapangan industri yang membutuhkan obyektivikasi, kompetensi, inovasi, dan rasionalitas ekonomi yang baik dan unggul. Untuk itu Akreditasi pendidikan tinggi merupakan hal yang penting bagi setiap pemangku kepentingan. Dalam hal ini pendidikan tinggi pastinya berlomba untuk menjadi yang terbaik melalui akreditasi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap Instrumen Pengawasan dan Evaluasi Peringkat (IPEPA) dalam Standar Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Dalam talkshow episode pertama ini akan mengupas tuntas MKBM sebagai terobosan perguruan tinggi yang bersinergi dengan masyarakat industri dalam konteks global untuk kepentingan nasional. Dengan Kepala Lembaga LLDikti Wilayah III yaitu Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP.,  yang memoderatori talksow bersama dengan narasumber unggul yaitu Prof. Ari Purbayanto Ph.D., selaku Direktur Eksekutif BAN-PT dan Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M. IPU. Selaku Rektor Universitas Tarumanagara (Akreditasi Institusi Unggul).

Pembahasan dikemas secara exclusive dan dapat disaksikan pada channel YouTube: LLDIKTI 3 @lldikti323 dan dapat diakses melalui tautan link berikut ini: https://youtu.be/ovW1YZblNQs  

Sumber: Humas LLDikti Wilayah III