LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Capaian dan Prestasi LLDikti Wilayah III tahun 2022

JAKARTA – (05/01/2023) Sepanjang tahun 2022 LLDikti Wilayah III terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pada perguruan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III dengan transformasi pendidikan beradaptasi pasca situasi pandemi yang melanda membuat banyak inovasi dan perubahan yang perlu diperbaharui kembali. Sebagai insan dikti tentunya dituntut untuk dapat memaksimalkan gagasan dan kreativitas dalam memahami situasi dan terus berkembang di era perkembangan yang semakin pesat.

Capaian dan Prestasi di Tahun 2022

Dimulai dari Survey Kepuasan Masyarakat di tahun 2022 LLDikti Wilayah III telah memperoleh Survey Kepuasan Masyarakat yang memiliki skor sebesar 82,05 dengan predikat Sangat Baik. Mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebanyak 0, 62 dan total responden yang di dapat pada tahun 2022 yaitu sebayak 647 orang.

Kemudian, pada Indeks Persepsi Anti Korupsi tahun 2022 LLDikti Wilayah III meraih nilai indeks persepsi Anti Korupsi yaitu dengan skor 84,43 dengan predikat Sangat Baik. Di tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 0,81 dibandingkan tahun sebelumnya dengan total responden IPAK yaitu 465 orang.

Terdapat Peningkatan Perkembangan Jabatan Fungsional Dosen selama 5 Tahun Terakhir yaitu sebesar 38,20% dengan 9.480 Dosen Bersertifikasi.

Dengan jumlah per Desember 2022 Jabatan Fungsional Dosen, sebagai berikut:

  1. Profesor (Guru Besar)            :               438 orang atau 2%
  2. Lektor Kepala                             :               1,451 orang atau 6 %
  3. Lektor                                           :               7,459 orang atau 29%
  4. Asisten Ahli                                 :               7,923 orang atau 31%
  5. Tenaga Pengajar (Dosen)      :               8,070 orang atau 32%

Totalan keseluruhan yang diperoleh yaitu 23,341.

Tak luput dari itu dengan bangga LLDikti Wilayah III memperoleh Penghargaan Anugerah Diktiristek 2022 yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek).

Dengan pencapaian yang diperoleh yaitu terdapat 8 penghargaan dari berbagai kategori, sebagai berikut:

1. Gold medal kategori Laman

2. Gold medal kategori Siaran Pers

3. Gold medal kategori Unit Layanan Terpadu

4. Gold medal kategori Penguatan Fasilitasi Kerjasama Terbaik

5. Gold medal kategori Insan Humas (Dhita Widya Putri – LLDikti III)

6. Silver medal kategori Media Sosial

7. Bronze medal kategori LAPOR!

8. Bronze medal kategori Video Profil

Selain itu, LLDikti Wilayah III memperoleh Predikat Peserta Terbaik Latihan Dasar Calon PNS Angkatan VI dan Angkatan XCIII.

Dengan katerogi predikat, yaitu:

  • Terbaik ke 1 – Angkatan VI

Mauliani Yasintha, A.Md.

Penyusunan Buku Saku Digital Pembentukan Panitia Seleksi dan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Pansel dan Satgas PPKSI) di Lingkungan Perguruan Tinggi Dalam Wilayah LLDikti III
  • Terbaik ke 1 – Angkatan XCIII

Maghfira Syalendri Alqadri

LLDikti Wilayah III membentuk Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Melalui Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PMM-PKBN) menggandeng Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan (BADIKLAT Kemenhan) di tahun 2022. Dalam upaya penguatan literasi digital menghadapi era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 dalam bentuk semangat bela negara. Sasaran PMM-PKBN sebanyak 5.000 (lima ribu) mahasiswa dan 500 (lima ratus) dosen, berdasarkan data pemetaan mutu perguruan tinggi (terlampir) di lingkungan LLDikti Wilayah III yang telah diseleksi yang memiliki program studi terakreditasi untuk mengimplemantasikan PMM-PKBN.

Berdasarkan kalkulasi Indikator Kinerja Kegiatan tahun 2022 LLDikti Wilayah III memperoleh capaian diatas target pada 5 sasaran utamanya dari Meningkatnya kualitias layanan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), Meningkatkan efektivitas sosialisasi kebijakan pendidikan tinggi, Meningkatkan inovasi perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, dan Meningkatnya tata kelola LLDDikti.

Berikut merupakan tabel paparan sasaran dan persentase indikator kinerja LLDikti Wilayah III tahun 2022:

Diagram Nilai Kinerja dan Anggaran per Januari – November 2022:

Di tahun 2022 LLDikti Wilayah III menyelenggarakan Pemberian Bantuan Korban Gempa Bumi Cianjur dengan berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III.

Penyaluran bantuan terhadap korban bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu LLDikti Wilayah III pun berkolaborasi dengan Tim REDI, PT. Kalbe, dan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) untuk memaksimalkan bantuan kepada para korban bencana serta puluhan Perguruan Tinggi yang ada di lingkungan LLDikti Wilayah III.

Penyerahan berbagai bantuan yang dilakukan pada program Kampung cekatan untuk masyarakat Kabupaten Cianjur terdiri dari berbagai jenis bantuan. LLDikti Wilayah III juga telah menyediakan MCK sementara dan tempat penampungan air bersih yang mana fasilitas sementara ini dapat menunjang aktivitas para pengungsi, serta bantuan berupa obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat. LLDIKTI Wilayah III mempunyai tiga program komprehensif yang akan diterapkan di Kabupaten Cianjur. Pertama adalah Program Kebersihan dan Kesehatan. Kedua, Pendidikan dan yang ketiga adalah Program Pemberdayaan Masyarakat.

Dengan adanya 3 program yang komprehensif ini diharapkan bisa mempercepat keadaan di Kabupaten Cianjur, pendidikan yang tidak terhambat, serta bisa melakukan percepatan ekonomi. Misalnya untuk percepatan ekonomi, ini didata apa pekerjaannya kemudian dihibahkan barang barang untuk menunjang kegiatan perekonomiannya.

Dalam hal ini LLDikti Wilayah III mengucapkan terimakasih banyak kepada insan dikti dan mitra yang berkolaborasi sepanjang tahun 2022 dengan LLDikti Wilayah III yang telah mendukung dan menyukseskan berbagai kegiatan sehingga dapat terselenggara dengan baik. Serta tak luput dari kerja keras dan semangat untuk memberikan transformasi dan inovasi terbaik bagi kebutuhan layanan dan mutu perguruan tinggi agar pendidikan di Indonesia, terkhusus DKI Jakarta semakin memiliki kualitas dan pemetaan yang jauh lebih lagi kedepannya.

Sumber: Humas LLDikti Wilayah III

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top