Sebagai upaya untuk mendorong Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi yaitu Lulusan mendapat pekerjaan yang layak dan sebagai alat evaluasi kinerja Perguruan Tinggi yang salah satu nya termasuk komponen Akreditasi Program Studi, Tracer Study ditujukan untuk menelusuri jejak lulusan/alumni untuk mengetahui:

  1. Outcome Pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia Pendidikan tinggi ke dunia kerja (termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama), situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja.
  2. Output Pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi.
  3. Proses Pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi. Hasil Tracer Study akan membantu perguruan tinggi dalam mengetahui posisi lulusan yang telah terserap dalam dunia kerja serta menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetansi yang diperlukan di dunia kerja. Hasil Tracer Study yang kemudian dilaporkan ke Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek akan membantu program Pemerintah dalam rangka memetakan kebutuhan dunia kerja dengan pembangunan pendidikan di Indonesia.

Berkenaan dengan informasi Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan Tahun 2022 bagi Perguruan Tinggi Swasta Bertema “Pelaporan Tracer Study” yang data pelaporannya akan ditarik (cut off) pada tanggal 18 November 2022 melalui surat ini, kami mohon kepada Saudara untuk segera melakukan registrasi akun Tracer Study dan melaporkan lulusan melalui laman  https://tracerstudy.kemdikbud.go.id/.

Selengkapnya dapat diunduh pada tautan di bawah ini :