Menteri BUMN, Erick Thohir mengajak peran serta Perguruan Tinggi, dalam hal ini Civitas Akademika Institut Teknologi PLN (IT PLN) untuk ikut berkontribusi bersama BUMN dalam membangun Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, Senin (24/10) di Kampus IT PLN yang berlokasi di Duri Kosambi, Jakarta Barat pada acara BUMN Goes to Campus.

Indonesia diprediksi akan menjadi negara yang mendominasi kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2045. Hal ini menjadikan peran BUMN sebagai katalisator pertumbuhan perekonomian Indonesia semakin penting dan memerlukan talenta terbaik bangsa untuk menjalankan transformasi. Kesiapan Sumber Daya Manusia yang mumpuni secara penguasaan ilmu dan teknologi diantaranya dimulai dari lingkungan Perguruan Tinggi.

“Keberlanjutan kepemimpinan penting untuk dimulai sedini mungkin. Oleh karena itu, BUMN memberi kesempatan selebar-lebarnya untuk generasi muda, termasuk adik-adik dari kampus ITPLN untuk bisa bergabung dan ikut berkontribusi bersama BUMN. Bisa dengan jalur program magang bersertifikat yang dilakukan BUMN bekerjasama dengan Perguruan Tinggi hingga ikut program rekrutmen bersama BUMN” ajak Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN.

Arya Sinulingga lebih lanjut juga menyampaikan tentang kebijakan dilingkungan Kementerian BUMN diantaranya mendorong lahirnya talenta digital savvy agar mampu bersaing di masa depan, dengan target digital talent ready sebanyak 20% dari total talenta BUMN di tahun 2024 serta membuka ruang bagi kesetaraan gender dan kesempatan milenial untuk memimpin BUMN.

“Kehadiran generasi muda menjadi inspirasi sekaligus menjadi energi penggerak kemajuan dan transformasi BUMN dengan tuntutan dunia usaha yang semakin kompetitif. Per tahun 2021, tercatat Direksi BUMN Perempuan telah mencapai target 15%, sedangkan Direksi BUMN dari milenial mencapai target 5%. Di akhir tahun 2023, ditargetkan 25% Direksi BUMN Perempuan dan 10% Direksi dari Millenial” jelas Arya Sinulingga.

Sementara itu, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, yang diwakili Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto menyampaikan tentang keberhasilan PLN dalam melakukan transformasi karena diantaranya didukung oleh penguasaan teknologi.

“Transformasi di BUMN yang dicanangkan oleh Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir, juga dilakukan di PLN, diantaranya adalah transformasi di sisi layanan, dengan menghadirkan aplikasi layanan berbasis digital yang disebut dengan PLN Mobile. Ini tentunya didukung oleh penguasaan teknologi oleh SDM yang ada di PLN” jelas Gregorius Adi Trianto, Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN.
Direktur Digital dan Teknologi Informasi Bank Rakyat Indonesia (BRI), Arga M. Nugraha, yang juga adalah Direksi BUMN dari Millenial, hadir memberikan motivasi kepada peserta yang hadir, tentang penting penguasaan teknologi, terlebih dalam proses transformasi di BUMN.

“Transfornasi di BUMN saat ini, membutuhkan penguasaan teknologi digital dari insan BUMN. Perkaya terus ilmu dan penguasaan teknologi oleh teman-teman mahasiswa agar siap memasuki dunia kerja ketika lulus nanti” ajak Arga M. Nugraha, Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI.

Sementara itu, Kementerian BUMN, melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, juga telah membuka kesempatan luas bagi mahasiswa dari Perguruan Tinggi diseluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dengan mengikuti Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMBB), sebagai program untuk menjawab tantangan model link and match antara institusi pendidikan dengan kebutuhan industri.

“30 ribu mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi diseluruh Indonesia telah mengikuti program magang bersertifikat yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN bekerjasama dengan BUMN dan Perguruan Tinggi diseluruh Indonesia” tambah Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, Sofyan Rohidi kepada mahasiswa yang hadir dalam sesi dialog BUMN Goes to Campus di Kampus IT PLN yang mengambil tema Reach Your Dream.

Rektor IT PLN, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT, menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian BUMN, PLN serta 10 BUMN yang turut serta hadir mengikuti pameran pada kegiatan BUMN Goes to Campus, dan dirinya berharap agar sinergitas antara perguruan tinggi dengan BUMN dapat terus terjalin untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Selain itu juga, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III), Ibu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP yang berkesempatan untuk hadir dalam acara mengatakan bahwa pihaknya mendukung terlaksananya acara BUMN Goes to Campus, di LLDIKTI III terdapat lebih dari 200 Perguruan Tinggi, dan LLDIKTI III akan mensupport pelaksanaan kegiatan ini kedepannya dengan peserta sebanyak 5000 peserta per sesi acara.

Kegiatan BUMN Goes to Campus ini juga dimeriahkan oleh berbagai booth edukasi dari Perusahaan BUMN yang ingin memperkenalkan profil Perusahaan dan juga membuka kesempatan untuk magang bagi mahasiswa IT PLN. Adapun Perusahaan BUMN yang berpartisipasi yaitu, PLN, Pelindo, Angkasa Pura II, BRI, Pupuk Indonesia, PTPN III, Pegadaian, Hutama Karya dan Mind ID

Sumber : Humas ITPLN