LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Wisuda ke-80 UNTAR: Bangun Kolaborasi Dengan Pemda, Dunia Pendidikan dan Bisnis

Sebanyak 1.534 lulusan Universitas Tarumanagara (Untar) mengikuti upacara Wisuda ke-80 yang berasal dari Program Sarjana, Magister, Doktor, dan Profesi yang digelar Wisuda secara luring di Jakarta Convention Center, Sabtu (16/10).

Pada wisuda bertema “Untar untuk Indonesia: Meningkatkan Kinerja UMKM dan Pariwisata untuk Indonesia Bangkit”, menghadirkan Gubernur Bali Dr. Ir. Wayan Koster, M.M. untuk menyampaikan Orasi Wisuda dan Kepala Lembaga Layanan Dikti (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng, mengatakan Untar terus konsisten menciptakan lulusan unggul dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia profesional sejak dini melalui program magang, mengajar di sekolah dan lainnya.

“Salah satu wujud dari Untar untuk Indonesia adalah kami juga membangun kolaborasi dengan berbagai institusi baik pemda, dunia pendidikan dan bisnis. Hal ini dilaksanakan agar mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan memfasilitasi kegiatan MBKM di Untar,” tegas Rektor.

Gubernur Bali Wayan Koster dalam orasinya, menyampaikan perihal program pembangunan di provinsi Bali. Era baru diwujudkan dengan menata secara fundamental dan komprehensif pembangunan Bali yang mencakup tiga aspek utama yaitu alam Bali, manusia/krama Bali dan kebudayaan Bali.

Disampaikan pula bahwa pandemi Covid-19 menyebabkan pariwisata dan perekonomian Bali sangat terpuruk.

Belajar dari peristiwa dan pengalaman tersebut, Pemerintah Provinsi Bali berani melakukan transformasi perekonomian dengan menerapkan arah kebijakan, prinsip, dan pendekatan baru, agar tidak bergantung pada dominasi satu kantung pada sektor pariwisata.

Sementara Kepala Lembaga Layanan Dikti (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. menyampaikan rasa bangganya atas berbagai prestasi dan kontribusi Untar dalam menghasilkan SDM unggul Indonesia.

“Kami sangat yakin Untar betul-betul untuk Indonesia dan dunia. Mengapa Untar begitu istimewa untuk DKI dan Indonesia? Ini karena Untar memiliki visi dan misi universitas entrepreneurial yang unggul, memiliki integritas dan profesionalisme di Asia Tenggara.

“Di Asia Tenggara Untar sudah sangat terkemuka. Saya yakin lima tahun ke depan Untar akan betul-betul menjadi World Class University yang membanggakan Indonesia“, ujarnya.

Paristiyanti melanjutkan Untar juga merupakan PTS yang meraih akreditasi internasional IABI untuk Prodi S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Industri dan S1 Teknik Elektro, dan S1 Teknik Informatika. “Itu sangat jarang ada kampus yang raih 4 akreditasi internasional sekaligus”, kata Paristiyanti

Wujud kolaborasi antara Untar dan pemerintah daerah khususnya Bali bertepatan pula menyukseskan komitmen negara-negara G20 yang bersepakat diantaranya dalam bidang pendidikan berkualitas. Ditandai dengan penandatangan MoU Gubernur Bali dengan Untar.

“Perguruan tinggi harus memberikan solusi bagi masyarakat. Sebuah momen penting Indonesia menjadi ketua G20 di Bali dan hari ini Gubernur Bali berkenan hadir di Untar,” ungkap Rektor Untar Agustinus Purna Irawan.

Selain itu, penandatangan MoU dilakukan pula dengan SMA Methodist Jakarta, SMA Mardi Yuana Depok, Hotel Ciputra Jakarta, PT. Win Termal Solusindo, PT Superintending Company of Indonesia (SUCOFINDO), Universitas Mercu Buana, PT Sarana Dinamika Jaya (Media Group Network), dan RRI Jakarta.

Pernah dimuat di :

https://jakarta.suaramerdeka.com/pendidikan/pr-1345216677/wisuda-ke-80-untar-bangun-kolaborasi-dengan-pemda-dunia-pendidikan-dan-bisnis?page=all

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top