Kepala LLDIKTI Wilayah III, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani MP memberikan sambutan dalam acara Wisuda Politeknik LP3I Jakarta Wisuda ke-23 Politeknik LP3I yang berjumlah 1.372 mahasiswa dengan mengusung tema “Meraih Mimpi Menebar Pesona”.

Kebutuhan hardskill dan softskills di era digital ini menjadi bekal untuk meningkatkan kompetensi agar bisa memperoleh pekerjaan dengan cepat di era digital ini. Maka, saya berpesan kepada mahasiswa yang baru diwisuda hariini, untuk terus mengembangkan softkill dan hardskill serta perbanyak literasi teknologi di era digital ini.

Hardskill yang harus dimiliki, yakni:

1.            Kemahiran dalam berbahasa asing

2.            Sertifikat-sertifikat pelatihan

3.            Kecepatan dalam mengetik

4.            Machine Operation

5.            Computer Programming

Sedangkan untuk softskill yang harus dimiliki, yakni menjadi pelajar Pancasila untuk membangun SDM yang unggul di masa depan yakni Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong serta Kreatif. Dimana, Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Disertai dengan pengembangan karakter 6C’s (creative, critical thinking, collaboration, communicaton, dan compassion).

LLDIKTI Wilayah III berharap kepada Politeknik LP3I agar lebih ditingkatkan kembali dalam pengembangan sumber daya manusia, terutama dalam mempersiapkan profesor serta dapat meningkatkan jenjang akademiknya yang nantinya akan berkontribusi besar bagi peningkatan mutu perguruan tinggi.

Kebijakan Merdeka Belajar pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan melalui Transformasi Pendidikan Tinggi dalam bentuk Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan untuk meningkatkan Relevansi Pendidikan Tinggi dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja di tingkat nasional dan global pada era digital dan Industri 4.0.

“Saya berharap kepada seluruh civitas akademik Politeknik LP3I agar segera mempercepat implementasi dari kebijakan Mereka Belajar Kampus Merdeka, dimana setiap mahasiswa harus memiliki planning akan kuliah di luar kampus minimal 1 semester yang setara dengan 20 sks. Carilah perguruan tinggi yang lebih bagus untuk dijadikan inspirasi dan dapat menerapkannya di Politeknik LP3I.  “ Ujar Kepala LLDIKTI Wilayah III dalam sambutannya

LP3I Jakarta yang telah melakukan berbagai kegiatan bermanfaat dan apresiasi terhadap prestasi LP3I Jakarta, yakni:

1.            Menjadi juara 1 dalam Kejuaraan Rektor Cup XXXII UNJ, cabor Anggar Kategori Putra/i

2.            Mendapatkan penghargaan Mitra Inklusi Perpajakan

3.            Menjadi The Best Leading School in Education Quality Excellent of The Year

4.            Mendapatkan hibah Abdimas Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek

“Saya ingin mengutip quote dari Bapak Pendidikan Nasional yakni Ki Hadjar Dewantara untuk Pendidikan Merdeka ini menyampaikan bahwa:

Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah

Oleh sebab itu, setelah selesai wisuda tetap semangat belajar melengkapi kompetensimu dan gali potensi dan berguru pada orang-orang hebat disekelilingmu. Terus belajar, belajar, dan belajar. Selamat merencanakan karir dengan baik, menjadi pegawai, menjadi pengusaha atau melanjutkan studi harus selalu bertujuan untuk berprestasi. Dan target sekarang saatnya melangkah ke dunia nyata.” Pesan Kepala LLDIKTI Wilayah III dalam sambutannya

Salam Dikti Monas, Dari Jakarta Untuk Indonesia

Sumber : Humas LLDikti Wilayah III