Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III mengadakan penyerahan surat keputusan pengangkatan jabatan akademik/fungsional Dosen sebagai Profesor pada Senin 26 September 2022 yang bertempatan di ruang KI Hajar Dewantara, kantor LLDikti Wilayah III sebagai tindak lanjut surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 59279/MPK.A/KP.07.01/2022 Tanggal 13 September 2022 tentang Kenaikan Jabatan Akademik fungsional Dosen sebagai Profesor atas nama Clara Rosa Pudjiyogyanti, S.Psi., M.Sc., Ph.D yang merupakan dosen dari Universitas Katolik Atma Jaya dan Dr. Chontina Siahaan, S.H., M.Si. dosen Universitas Kristen Indonesia yang telah berhasil memenuhi persyaratan dan menyelesaikan proses kenaikan jabatan akademik sebagai profesor.

Selain dosen yang bersangkutan, acara ini juga dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Hukum Universitas Kristen Indonesia serta Rektor dan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Katolik Atma Jaya yang dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga LLDikti Wilayah III, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP, Kepala Bagian Umum, Noviyanto, S.T., MMSI, serta Sub Koordinator Bidang Hukum, Sumber Daya dan Tata Laksana, Taufan S. Pranggono, S.Kom, M. Si.

Dipandu oleh Ibu Irmi Asnita dari Administrasi Kepegawaian sebagai MC, acara dibuka oleh sambutan dan saran yang diberikan oleh Ibu Paris kepada kedua profesor yang telah resmi dikukuhkan. “Saya mengucapkan selamat kepada Prof. Clara dan Chontina atas berhasilnya Ibu-ibu sekalian dalam menyelesaikan proses yang tidak mudah dan tidak singkat ini. Ibu Kalem kemudian melanjutkan harapannya untuk kedua profesor agar bisa mendampingi rekan kerja sekalian yang sudah LK dan ingin menjadi profesor serta memberikan tips dan tricks yang berangkat dari pengalaman dalam menjalankan proses yang telah berhasil dilalui.

“Mohon juga disampaikan kepada rekan-rekan yang masih menjabat di bawah profesor masing dosen diberitahukan agar profesor dijadikan sebagai tujuan utama. Kami masih memiliki PR, yaitu untuk melakukan berbagai strategi untuk mempercepat guru besar atau profesor; menambah 40% dibandingkan tahun sebelumnya. Mudah-mudahan di akhir Oktober ini sudah ada 31 profesor yang dikukuhkan. Selanjutnya kami memiliki target mendorong untuk minimal memiliki 20 program studi S2 dan/ S3. Kemudian kami merencanakan akan mendorong sebanyak empat perguruan tinggi yang memiliki akreditasi baik sekali untuk bisa naik menjadi unggul.” “Selamat menginspirasi Indonesia dan dunia,” tegas Ibu Paris kepada kedua profesor yang telah dikukuhkan pada acara kali ini.

Selanjutnya acara dilanjutkan oleh penyampaian ucapan terima kasih oleh Prof. Clara Rosa Pudjiyogyanti, S.Psi., M.Sc., Ph.D dimana beliau menyampaikan bahwa proses kenaikan jabatan ini bukanlah proses yang singkat karena pengajuan jurnal sudah dilakukan dari lama tetapi baru di approve di waktu terdekat. Namun ditekankan bahwa meskipun pengajuan yang dilakukan sudah lama, pengukuhan hari ini bisa terjadi karena adanya bantuan dari banyak pihak, termasuk pimpinan serta rekan dosen dari UNIKA Atma Jaya. “Hal ini merupakan karya dari seluruh teman dan rekan-rekan serta pimpinan yang telah mensupport dan membantu saya dalam menyelesaikan proses naik jabatan hingga saat ini.”

Diakhiri dengan penyampaian kesan dan ucapan terima kasih dari Prof. Dr. Chontina Siahaan, S.H., M.Si. dari Universitas Kristen Indonesia, “Saya sangat bersuka cita dan bahagia karena saya bisa menerima penghargaan yang sangat tinggi di universitas. Semoga kami mampu mendorong rektor kepala agar menjadi guru besar untuk memberikan tips and tricks karena kami sudah memiliki pengalaman dari proses yang telah kami jalani. Terima kasih atas support dari rekan-rekan serta juga Bapak Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S. H., M.H., MBA.

Sumber : Humas LLDikti Wilayah III