Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan kesempatan yang dibuka oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk memberikan kesempatan dan pengalamn dengan mengikuti perkuliahan di perguran tinggi lain. Sebagai tahun kedua yang berhasil membawa mahasiswanya lolos seleksi, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) mengadakan acara pelepasan mahasiswa dalam rangka program PMM 2.

Sebanyak 33 mahasiswa lolos seleksi PMM 2 yang diterima di 19 perguruan tinggi seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Padang, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Medan, Lampung, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, Sulawesi, hingga di Papua. Jumlah mahasiswa lolos seleksi PMM 2 tahun ini meningkat dari PMM 1 akibat adanya dorongan dari seluruh fakultas dan program studi di UAI.

Acara pelepasan ini dilaksanakan secara hybrid pada Rabu (11/08), dan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an beserta doa, dilanjutkan dengan penyanyian lagu Indonesia Raya. Turut hadir, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Drs. Zirmansyah, M.Pd., tidak lupa memberikan prakata sambutan dan pesan. Beliau menyampaikan bahwa program PMM ini salah satu program yang bisa memenuhi kebutuhan dan tantangan dengan berinteraksi dan memahami individu lain berupa soft skill dalam bentuk kemampuan bekerjasama, berkolaborasi, dan pengembangan soft skill lainnya.

Acara ini juga menghadirkan beberapa perwakilan mahasiswa PMM 1 dan IISMA 1 yang sudah selesai agar bisa memberikan testimoni dan pengalaman serta motivasi mengikuti kegiatan PMM dan IISMA. Kemudian acara berlanjut dengan sambutan dan pembukaan acara oleh Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. Prof. Asep menyebutkan bahwa mendidik generasi muda sudah menjadi bagian tanggung jawab yang tidak bisa dianggap enteng. Dengan adanya program MBKM ini, salah satunya dapat mempercepat mahasiswa membuka wawasannya.

Pemberian sambutan dan arahan diberikan oleh Ketua Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Kemendikbudristek, Dr. Rachmawan Budiarto, M.T., G.P, Kepala Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah Ill, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P., serta Sekretaris Direktorat Jenderal Ditjen Dikti, Prof. Tjitjik Srie Tjahjandarie, Dra. Ph.D.

Menuju akhir acara, terdapat perkenalan UPT MBKM UAI, Ketua UPT MBKM dan TIM MBKM serta Piagam Penghargaan dari LLDIKTI Wilayah 3. Tidak lupa, pemberian testimoni dari perwakilan Mahasiswa Pertukaran Merdeka 2, Outbound, PMM 1, IISMA 1, hingga Perwakilan Orang Tua Mahasiswa PMM 2 Outbond.

Pemberian emblem diberikan kepada mahasiswa PMM 1, PMM 2, dan IISMA 1 secara langsung oleh Rektor UAl dan Wakil Rektor I. Pemberian emblem juga diberikan oleh Ketua Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok, Ketua Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Wakil Rektor III kepada mahasiswa MBKM Luar Negeri yang diterima di Fujian Normal University dan Tohoku University.

Kami ucapkan selamat dan harapan yang baik tentunya untuk teman-teman mahasiswa agar selalu diberi kelancaran dan kesehatan dalam menjalankan segala aktivitasnya.

VIDEO LENGKAP https://www.youtube.com/watch?v=EFLs6ERfZXA

Sumber : Humas Universitas Al-Azhar Indonesia