5 September lalu, telah dilaksanakan Lokakarya UI GreenMetric LLDikti III Tahun 2022 dengan Universitas Esa Unggul sebagai tuan rumah. Acara ini mengusung topik pembahasan mengenai “Collective actions for Transforming Sustainable Universities in the Post-Pandemic Time” dengan beberapa pembicara yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, diantaranya :

  1. Dr. Ruki Harwahyu, M.T., MSc., Staf Ahli, UI GreenMetric, Universitas Indonesia
  2. Dr. Ir Budhi M. Suyitno., IPM, Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila (Menteri Perhubungan Republik Indonesia 2001)
  3. Prof. Dr. Amany Lubis, MA, Rektor, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  4. Prof.Dr. E.S. Margianti, SE., MM, Rektor, Universitas Gunadarma
  5. Dr. Dr. Wani Devita Gunardi, Sp.MK.(K), Rektor, Universitas Kristen Krida Wacana
  6. Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, Rektor, Universitas Trisakti
  7. Dr. Muhammad Fachruddin Arrozi, SE, Ak.,M.Si., Wakil Rektor Bidang Riset Pengembangan dan Inovasi, Universitas Esa Unggul

“Hari ini UI GreenMetric dilaksanakan secara daring untuk bersama-semua mengingatkan serta menyemangati kembali kita semua untuk mempersiapkan data-data yang akan di submit di bulan Oktober nanti. Melalui acara ini, kita mengharapkan seluruh perguruan tinggi di wilayah LLDikti III akan menjadi universitas dengan infrastruktur dan program sustainability yang makin baik makin sehingga dapat memperlihatkan kemampuan Indonesia dalam memberikan akses pendidikan yang terbaik dengan infrastruktur berkelas dunia serta dosen dan mahasiswa bertalenta yang mampu membawa Indonesia menuju kearah kemajuan.” disampaikan Ketua panitia tetap UI GreenMetric, Universitas Indonesia, Prof. Riri Fitri Sari, M.Sc,M.M.,

Rektor Universitas Esa Unggul, Dr. Ir. Arief Kusuma A.P., MBA, IPU menambahkan “GreenMetric dapat dijadikan sebagai acuan dalam memberikan pelayanan kepada pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal. Dengan kita memikirkan bagaimana mengelola infrastruktur dan lingkungan kampus, kita tentunya mampu menciptakan lingkungan yang kondusif dan nyaman bagi dosen dan mahasiswa. GreenMetric juga mendorong kita untuk dapat mengolah limbah, air serta membantu mengelola transportasi dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan yang sudah menjadi permasalahan dunia.”

“Tujuan dari UI GreenMetric ini meningkatkan kesadaran dan perkembangan di masa mendatang yang dapat diadaptasi menjadi perubahan yang sesungguhnya dan pemahaman ini perlu menjadi aksi-aksi nyata agar kita mengetahui dan siap menghadapi tantangan global yang sangat penting karena kita berada di era globalisasi, society 5.0 serta industri 4.0 yang terus melakukan kesadaran-kesadaran terhadap perkembangan yang ada di dunia. Mari sama-sama dengan UI GreenMetric ini akan mendorong ekonomi-ekonomi yang berdasarkan pelestarian lingkungan.” jelas Kepala Lembaga LLDikti Wilayah III, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani. MP.

Sumber : Humas LLDikti Wilayah III