Dalam rangka memfasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi dalam hal kehumasan, Universitas Esa Unggul (UEU)  berkolaborasi dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) wilayah III menyelenggarakan Festival Kehumasan Perguruan Tinggi.

Kegiatan yang dilaksanakan secara Hybrid ini dilakukan di tiga kampus UEU yakni Kampus Jakarta, Tangerang dan Bekasi  Rabu, (31/8/2022). Dalam festival kehumasaan ini juga dilaksanakan pemilihan Esa Unggul PR Award kepada sekolah-sekolah terpilih. 

Rektor Universitas Esa Unggul, Dr.Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA, IPU., mengatakan di era society 5.0 tidak dapat dipungkiri kehadiran profesi humas sangat dibutuhkan. Terutama dalam setiap organisasi dan institusi tidak terkecuali di Perguruan Tinggi. Humas dibutuhkan sebagai garis depan serta wajah sebuah perguruan tinggi. Selain itu Humas pun dituntut untuk memiliki kompetensi yang terus berkembang serta berinovasi sesuai dengan tuntunan zaman.

“Selain memiliki fungsi meningkatkan  citra di perguruan tinggi, humas juga berperan untuk mendukung segala bentuk sosialisasi terhadap program akademik maupun non akademik di perguruan tinggi,  maupun  program yang diusung pemerintah seperti MBKM, maupun sosilisasi pencegahan 3 dosa di perguruan tinggi,” kata Arief.

Melalui biro humas dan komunikasi pemasaran, pihaknya berinisatif menyelenggarakan festival kehumasan berkolaborasi dengan LLDIKTI Wilayah III. Kegiatan mengundang 295 perguruan tinggi untuk bersama-sama berkolaborasi, besinergi, dan bersilaturahmi untuk belajar menjadi humas yang baik di era society 5.0.

“Saat ini tugas humas juga sangat kompleks tidak hanya membangun reputasi institusi namun juga menangani komunikasi, krisis baik dengan publik, internal maupun eksternal, membina dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan perguruan tinggi untuk menciptakan iklam yang kondusif,” kata Arief.

Kepala LLDIKTI Wilayah III, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP menyampaikan apresiasinya kepada Universitas Esa Unggul yang telah menginisiasi acara Festival Kehumasan ini.  “Terima kasih kepada  rektor Universitas Esa Unggul, yang hadir adalah 368 orang, yang mengikuti Festival Kehumasan melebihi jumlah perguruan tinggi di DKI Jakarta,” ucapnya.

Paristiyanti berharap acara festival kehumasan ini menjadi momentum untuk menggelorakan semangat meningkatkan kinerja kehumasan di seluruh perguruan tinggi terutama di Perguruan Tinggi LLDIKTI wilayah III. Humas Perguruan Tinggi  akan menjadi humas istimewa karena akan kita akan menyongsong era Society 5.0. dengan menggelorakan implementasi MBKM dan 8 indikator kinerja utama. “Kegiatan ini sangat panting sebagi komunikator dan amlifikator pada program  kita semua,” katanya.

Sumber :

Humas LLDIKTI III

Humas Universitas Esa Unggul