(Jakarta – 25 Agustus 2022) Peran perguruan Tinggi dalam menjalankan Tridarma salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Salah satu tirdarma ini merupakan hal yang wajib untuk di implementasikan oleh perguruan tinggi, yang mana perguruan tinggi bisa membantu mencerdaskan kehidpan bansa melalui program pengabdian kepada masyarakat.

Pembangunan di Indonesia khususnya pembangunan dibidang lingkungan hidup, bukan semata-mata tugas dari pemerintah saja melainkan tugas masyarakat pada umumnya serta generasi muda dan insan perguruan tinggi yang adalah di Indonesia.

REDI kepanjangan dari Relawan LLDIKTI III merupakan organisasi kerelawanan yang dibentuk oleh Perguruan Tinggi yang ada di Wilayah III. REDI ini bertujuan untuk membantu peranperguruan tinggi dalam menginplementasikan tridharma dan juga kegiatan kerelawanan serta kemanusiaan

Untuk Tim REDI saya mendukung penuh untuk kegiatan kemanusiaan yang di jalankan. Kemudian juga untuk perihal pengabdian kepada masyarakat juga perlu dibalut serta disandingkan dengan penelitian. Harapannya dengan penelitian ini bisa membangun masyarakat yang ada di Indonesia serta juga bisa meningkatkan daya minat para dosen untuk meneliti dalam hal merecovery pasca bencana. Ujar Kepala LLDIKTI Wilayah III, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP. dalam sambutannya.

Bahwa dalam situasi darurat bencana bagi suatu daerah yang sering terkena dampak dari bencana alam, sangat membutuhkan para relawan yang siap siaga selama 24 jam untuk dapat membantu mengevakuasi, menyediakan logistik serta merehabilitasi kondisi para korban baik secara lahiriah maupun jasmaniah.

Bahwa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut harus sistematis dan terstruktur dalam suatu wadah yang mampu menyuarakan, mengakomodir serta memperjuangkan aspirasi masyarakat yang terdampak langsung maupun tidak langsung.

Bahwa segenap potensi masyarakat khususnya para dosen dan mahasiswa dilingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah 3, harus diberdayakan semaksimal mungkin dalam mengimplementasikan Tridarma Perguruan Tinggi khususnya yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat yang salah satunya adalah kegiatan sosial kemanusiaan atau bantuan kemanusiaan khususnya pada situasi bencana.

Tidak hanya itu Tim REDI yang diketuai oleh Dr. Wendi Usino selaku Rektor Universitas Budi Luhur juga memberikan laporan dari hasil rapat Tim REDI yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu. Hasil rapat ini mengajukan beberapan rekomendasi untuk Tim REDI membuat dan melakukan beberapa rencana serta implemtasi dari kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Sumber : Humas LLDikti Wilayah III