Pada Kamis, 25 Agustus 2022, bertempat di LLDikti Wilayah III, ruang KI Hajar Dewantara, telah dilaksanakan acara pengukuhan guru besar yang dihadiri langsung oleh kepala lembaga LLDikti Wilayah III, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP beserta dengan perwakilan yang hadir dari Universitas Pancasila serta Bina Nusantara.

Penyerahan SK-GB kali ini dilakukan dalam rangka mengapresiasi para guru besar baru dikarenakan otoritas keilmuan yang mereka miliki dengan harapan apresiasi terhadap guru besar baru ini mampu menambah semangat dan energi baru di lingkungan LLDikti Wilayah III agar terus bisa memberikan kontribusi signifikan baik di dunia pendidikan maupun kemanusiaan secara menyeluruh.

Terdapat tiga orang guru besar, sesuai dengan jumlah Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang telah dikuhkan pada acara kali ini, diantaranya :

1. Bens Pardamean, B.Sc., M.Sc., PH.D. dari Universitas Bina Nusantara

2. Dr. Shidarta, S.H., M.Hum dari Universitas Bina Nusantara

3. Dr. B. F. Sihombing, S.H., M.Hum dari Universitas Pancasila

Membuka acara pengukuhan guru besar, Kepala Lembaga LLDikti Wilayah 3, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP. mengatakan “Saya ucapkan selamat kepada guru besar yang akan dilantik pada acara hari ini. Menunggu calon guru besar serta mengundang Bapak/IBu dosen dari Universitas Pancasila dan Bina Nusantara agar terus bisa menginspirasi peningkatan mutu PT di wilayah Jakarta untuk Indonesia.”

Ibu Paris melanjutkan bahwa berdasarkan arahan Menteri Kemendikbud Nadiem Makarim, bahwa LLDikti Wilayah 3 harus memiliki 500 guru besar yang berasal dari seluruh PT yang terdaftar di Jakarta, yang dimana saat ini kami baru memiliki kurang lebih 300 guru besar, sehingga dibutuhkan sekitar 200 guru besar untuk memenuhi arahan tersebut.

Kemudian acara dilanjutkan dengan testimoni dari pihak Universitas Pancasila yang menyebutkan bahwa pengukuhan guru besar pada hari ini merupakan kali ketiga Universitas Pancasila berpartisipasi. Pihak UP berharap agar hal ini mampu menjadi motivasi, tidak hanya pada fakultas hukum saja tetapi fakultas Universitas Pancasila yang lainnya.

Selanjutnya pihak perwakilan Universitas Binus menambahkan bahwa saat ini Binus memiliki 92 lektor kepala serta 26 dosen yang sedang menjalani proses untuk menjadi guru besar. “Target kami tahun ini, yaitu mampu mengukuhkan 8 guru besar yang berasal dari Bina Nusantara.”

Selamat kepada ketiga guru besar yang telah dikukuhkan hari ini. Semoga gelar barunya mampu bermanfaat dalam memberikan kontribusi yang lebih baik lagi demi memajukan dunia pendidikan Indonesia. Semoga dengan adanya acara pengukuhan hari ini mampu memberikan motivasi bagi dosen lainnya sehingga mampu memenuhi arahan dari Bapak Nadiem Makarim yang telah disebutkan oleh Ibu Paris sebelumnya.

Sumber : Humas LLDikti Wilayah III