Dalam rangka mendukung kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), serta untuk mendorong terwujudnya ekosistem kemandirian dan menjadikan MBKM sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi maka dibutuhkan kajian dan pengembangan implementasi MBKM. Oleh karena itu dibentuklah Kampus Merdeka Mandiri (KMM) dengan tujuan untuk melakukan kajian implementasi kemandirian MBKM, menyusun kerangka dan peta jalan kemandirian MBKM.

Kampus Merdeka Mandiri (KMM) bersama seluruh PTN dan 16 Wilayah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), di bawah koordinasi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dit. Belmawa), Ditjen Diktiristek, Kemendikbudristek melakukan penyusunan peta implementasi kemandirian MBKM secara nasional. Untuk dapat melakukan pendataan secara detail terkait dengan bagaimana membangun kemandirian MBKM, maka akan dilaksanakan survei kepada seluruh perguruan tinggi di lingkungan Kemendikbudristek baik Perguruan Tinggi Akademik maupun Perguruan Tinggi Vokasi. Survei akan dilaksanakan secara daring dan didasarkan kepada aspek dan kerangka kemandirian MBKM pada perguruan tinggi berdasarkan pemahaman atas sistem.

Sehubungan dengan pelaksanaan survei tersebut kami harapkan dukungan dan partisipasi dari Perguruan Tinggi Bapak/Ibu untuk dapat mengisi survey pada tautan http://survei.kmmandiri.id. Pengisian survei didasarkan pada situasi dan kondisi yang ada pada Perguruan Tinggi Bapak/Ibu sekalian. Pengisian survei peta kemandirian MBKM Nasional ini dapat dilakukan paling lambat tanggal 20 Agustus 2022 pukul 23:59 WIB.

Surat resmi dapat diunduh pada tautan dibawah ini

-NF