LLDikti Wilayah III

LLDikti Wilayah III

Fasilitasi LLDikti Wilayah III dalam Peningkatan Mutu Penelitian, Abdimas dan Luaran Hasil Penelitian tahun 2021

Jakarta – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III bersama Perguruan Tinggi Swasta di wilayahnya telah melaksanakan Penandatanganan Kontrak Hibah Pendanaan Penelitian dan Abdimas Tahun 2021 pada Kamis, 1 April 2021, bertempat di Universitas Al-Azhar Jakarta. Acara dilaksanakan secara hybrid, daring (melalui Zoom Meeting) dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan. Pada kegiatan ini hadir 76 pimpinan dan perwakilan perguruan tinggi penerima pendanaan Penelitian dan Abdimas Tahun 2021.

Kegiatan diawali dengan arahan dari Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc mengenai fasilitasi LLDikti Wilayah III dalam meningkatkan mutu penelitian, abdimas dan luaran hasil penelitian. Melalui paparannya Kepala LLDikti menyampaikan perkembangan jumlah judul serta 367 luaran wajib penelitian tahun 2020 yang telah dinyatakan valid oleh reviewer, diantaranya adalah Pengembangan Panel dan Database Marker Genomik Host dan Patogen Untuk Optimalisasi Pengobatan TB di Indonesia, dan Smart Trolley in Smart Mart: Aplikasi Robot Cerdas pada Pasar Modern. Beberapa bentuk fasilitasi yang telah dan akan terus dilakukan LLDikti Wilayah III dalam upaya meningkatkan mutu penelitian dan abdimas di antaranya adalah melalui: Couching Clinic Proposal Skema Penelitian Dosen Pemula, Revitalisasi Reviewer 2021, Bimtek Peningkatan Mutu Abdimas, Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah (Nasional), Peningkatan Mutu/Klaster Institusi Pengelola Penelitian, dan lain-lain.

Pada sesi berikutnya berisi arahan dari Plt. Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kemenristek BRIN, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng, IPU, mengenai Kebijakan DRPM dalam Program Hibah Penelitian dan Pengabdian: BOPTN 2021, pada materi disampaikan proses inovasi dalam riset, Kolaborasi Riset Internasional dengan Pendanaan APBN dan Dana AbadiRiset, Siklus serta Tahapan Program Pendanaan Penelitian dan Abdimas tahun 2021.

Acara dilanjutkan dengan simbolis penandatanganan kontrak Pendanaan Penelitian dan Abdimas Tahun 2021, yang diwakili oleh 7 Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Binawan, STM PPM,

Dengan adanya acara Penandatanganan Kontrak Hibah Penelitian dan Abdimas tahun 2021 ini, diharapkan mutu, kuantitas dan sebaran judul dan luaran hasil penelitian dan abdimas dapat terus meningkat, sehingga pada akhirnya perguruan tinggi semakin menjadi pusat kajian analisis-kritis serta dapat menjawab berbagai masalah dan isu di masyarakat, baik secara nasional maupun internasional.

Sumber:
Humas LLDIKTI Wilayah III Jakarta
e-mail: info.lldikti3@kemdikbud.go.id

Share:

Kabar Terkini

Scroll to Top